BREAKING NEWS
 

RI-Singapura Mau Terapkan Reciprocal Green Lane

Bandara Soekarno-Hatta Fokus Matangkan 3 Persiapan

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 9 Oktober 2020 21:54 WIB
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Singapura kini tengah membahas Reciprocal Green Lane (RGL) dalam Program Safe Travel Corridor, yang rencananya dikhususkan untuk perjalanan bisnis (business travel) dan perjalanan kedinasan (official travel) di tengah pandemi.

Di Indonesia, pintu masuk dan keluar dalam skema RGL kemungkinan hanya ditetapkan dua. Salah satunya, Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Terkait hal tersebut, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung kelancaran implementasi RGL Indonesia – Singapura.

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Kini Manfaatkan Matahari Jadi Sumber Energi Listrik Via PLTS

“Melalui RGL, Indonesia dan Singapura mewujudkan safe travel corridor di tengah pandemi. Hal ini sangat berdampak baik terhadap konektivitas udara kedua negara. Bandara Soekarno-Hatta akan mempersiapkan segala sesuatunya, agar implementasi RGL ini dapat berjalan lancar. Kami akan tetap fokus untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Termasuk, jika ada prosedur tambahan yang harus dijalani oleh penumpang pesawat di rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia dalam penerapan RGL," papar Awaluddin.

Menurutnya, ada tiga hal yang akan menjadi fokus Bandara Soekarno-Hatta, dalam  mendukung RGL Indonesia – Singapura, yaitu:

1. Slot time penerbangan

Baca juga : Petugas Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta Akhirnya Jadi Tersangka

Slot time penerbangan Bandara Soekarno-Hatta dipastikan tersedia untuk rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia. Fasilitas konter check-in dan boarding lounge tentunya juga akan disiapkan.

Adsense

2. Protokol kesehatan

PT Angkasa Pura II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) akan berkoordinasi mengenai protokol kesehatan yang harus dijalani penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, baik di titik keberangkatan menuju Singapura atau di titik kedatangan dari Singapura.

Baca juga : Elite PKS: Tunda Pilkada Serentak Tahun Depan!

3. Check point pemeriksaan dokumen

PT Angkasa Pura II dan stakeholder terkait seperti Kantor Imigrasi, akan berkoordinasi terkait dengan check point pemeriksaan dokumen di Bandara Soekarno-Hatta terhadap penumpang pesawat di rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense