Dark/Light Mode

RI-Singapura Mau Terapkan Reciprocal Green Lane

Bandara Soekarno-Hatta Fokus Matangkan 3 Persiapan

Jumat, 9 Oktober 2020 21:54 WIB
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas AP II)
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Singapura kini tengah membahas Reciprocal Green Lane (RGL) dalam Program Safe Travel Corridor, yang rencananya dikhususkan untuk perjalanan bisnis (business travel) dan perjalanan kedinasan (official travel) di tengah pandemi.

Di Indonesia, pintu masuk dan keluar dalam skema RGL kemungkinan hanya ditetapkan dua. Salah satunya, Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Terkait hal tersebut, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung kelancaran implementasi RGL Indonesia – Singapura.

Berita Terkait : AP I Seleksi Calon Mitra Pengelola Bandara Lombok

“Melalui RGL, Indonesia dan Singapura mewujudkan safe travel corridor di tengah pandemi. Hal ini sangat berdampak baik terhadap konektivitas udara kedua negara. Bandara Soekarno-Hatta akan mempersiapkan segala sesuatunya, agar implementasi RGL ini dapat berjalan lancar. Kami akan tetap fokus untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Termasuk, jika ada prosedur tambahan yang harus dijalani oleh penumpang pesawat di rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia dalam penerapan RGL," papar Awaluddin.

Menurutnya, ada tiga hal yang akan menjadi fokus Bandara Soekarno-Hatta, dalam  mendukung RGL Indonesia – Singapura, yaitu:

1. Slot time penerbangan

Berita Terkait : Bandara Soekarno-Hatta Kini Manfaatkan Matahari Jadi Sumber Energi Listrik Via PLTS

Slot time penerbangan Bandara Soekarno-Hatta dipastikan tersedia untuk rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia. Fasilitas konter check-in dan boarding lounge tentunya juga akan disiapkan.

2. Protokol kesehatan

PT Angkasa Pura II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) akan berkoordinasi mengenai protokol kesehatan yang harus dijalani penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, baik di titik keberangkatan menuju Singapura atau di titik kedatangan dari Singapura.

Berita Terkait : Petugas Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta Akhirnya Jadi Tersangka

3. Check point pemeriksaan dokumen

PT Angkasa Pura II dan stakeholder terkait seperti Kantor Imigrasi, akan berkoordinasi terkait dengan check point pemeriksaan dokumen di Bandara Soekarno-Hatta terhadap penumpang pesawat di rute Indonesia – Singapura dan Singapura – Indonesia.
 Selanjutnya