BREAKING NEWS
 

Optimis Jalankan Usaha, UMKM Asal Malang Raih Banpres Produktif

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Minggu, 22 November 2020 12:50 WIB

 Sebelumnya 
Dengan Banpres sebesar Rp 2,4 juta, Firman memanfaatkannya untuk menopang dan menambah permodalan warkopnya. "Saya sangat terbantu dan merasakan betul manfaat dari Banpres Produktif ini," ujarnya.

Meski belum seperti dalam kondisi normal, namun kini Firman sudah mampu menghasilkan pemasukan Rp 200 ribu sehari dari warkopnya. "Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro merupakan energi baru bagi usaha warkop saya," katanya.

Baca juga : Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif

Senada dengan Firman, pasangan suami istri Fauzi dan Eka turut merasakan hal yang sama. Pelaku usaha katering untuk acara sekolahan dan reseller Keripik Miller dengan merek Sindu Berkah ini juga merasakan dampak dari Covid-19. "Karena tidak ada aktivitas sekolah, usaha katering pun terhenti total," ungkap Eka.

Itulah sebabnya, dalam tiga bulan terakhir, Fauzi dan Eka mencoba peruntungan lain dengan berjualan keripik miller. Keripik berbahan baku singkong tersebut mereka peroleh dari industri rumahan di daerah Jabung.

Baca juga : Rotasi Sejumlah Kapolda, Kapolri Minta Pelanggar Prokes Ditindak Tegas

Kemudian, keripik itu dikemas lagi dengan merek Sindu Berkah. Perlahan namun pasti, kini penjualan keripik miller terus mengalami peningkatan. Dalam sehari ada saja pesanan keripik. Sementara ini, Eka mengaku masih dalam tahap mengirim keripik sesuai pesanan konsumen.

Ke depan, lanjut Eka, tak tertutup kemungkinan dirinya akan mengirim produknya ke toko-toko oleh-oleh khas Malang yang ada di beberapa destinasi wisata di wilayah Malang.

Baca juga : PT Pos Indonesia Optimis Penyaluran BST Tahap 8 Capai Target

Eka bercerita, ketika mendapat SMS dari BRI yang menyebutkan mendapat Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro, awalnya menganggap itu sebagai penipuan atau hoaks. "Seminggu SMS itu saya diamkan. Saya kira kabar bohong atau aksi penipuan," ceritanya.

Namun, dengan rasa penasaran tinggi, Eka pun mengkonfirmasi isi SMS tersebut ke BRI yang ada di Kecamatan Pakis. Ternyata, itu betul, bukan hoaks. Banpres Produktif itu mereka gunakan untuk menambah modal usaha keripik miller, termasuk membeli rak untuk menyimpan keripik. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense