Dark/Light Mode

Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif

Rabu, 18 November 2020 15:00 WIB
Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif

RM.id  Rakyat Merdeka - Selasa, 17 November 2020, BAKTI Kominfo melaksanakan seminar live streaming bertemakan Pemanfaatan TIK oleh Masyarakat dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif yang diisi oleh Dede Indra Permana Soediro, S.H. Anggota Komisi I DPR RI, Dimas Aditya Nugraha Koordinator Audio Visual dan Media Sosial Direktorat Pengelolaan Media dan Anthony Liong Pengusaha Muda, yang mana dalam seminar live streaming tersebut Dede Indra Permana Soediro,S.H.

Anggota Komisi I DPR RI menyampaikan bahwa “pemanfaatan TIK harus dimanfaatkan secara baik dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, pengguna internet di Indonesia dari jumlah penduduk 272 juta jiwa, menurut data wiare sosial kalau prediksinya BPS angkanya 269 juta di tahun 2019 sampai 2020 sekitar 270 sampai 275 juta penduduk Indonesia rata-rata yang punya nomor ada 338 juta, penduduknya cuma 270 juta nomornya ternyata setelah dihitung angkanya itu 330 juta, artinya ada 124% hanya satu dari empat orang Indonesia itu punya nomor lebih dari satu. 

Baca juga : Pandemi Belum Berakhir, LPOI Ajak Masyarakat Jauhi Kerumunan Dan Terapkan Prokes

Dari sekian banyak kartu sim card yang beredar ternyata pengguna internet di seluruh masyarakat itu ada 175 juta atau 64% sudah pakai internet dan hampir 60% itu paket menggunakan sosial media, artinya sudah banyak di Indonesia ini termasuk yang paling cepat pertumbuhan internetnya.

Indonesia sudah selesai membangun palaparing yaitu kabel broadband, tahun lalu selesai dibangun oleh Presiden Joko Widodo untuk infrastruktur besarnya itu sudah selesai dibangun tinggal yang kecil-kecil saja, tinggal menunggu supaya seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan sampai Pulau Rote semua rata sama internet berkecepatan. 

Baca juga : Relawan Satgas Covid-19 Ajak Tokoh Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Dimas Aditya Nugraha menyampaikan dari arahan Presiden Joko Widodo memberikan instruksi supaya percepatan transformasi digital, Perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyajian layanan internet, persiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, Perdagangan, industri, maupun penyiaran. Percepat pusat dan nasional, siapkan kebutuhan SDM talenta digital, yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan dan pembiayaan segera disiapkan secepat-cepatnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.