Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berdayakan Buruh Terdampak Pandemi

UMKM Binaan Pertamina Ekspansi Produk Bayi ke APD

Selasa, 13 Oktober 2020 21:25 WIB
Berdayakan Buruh Terdampak Pandemi UMKM Binaan Pertamina Ekspansi Produk Bayi ke APD

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) terus fokus dan memperhatikan UMKM Mitra Binaannya di masa pandemi Covid-19 ini. Melalui Program Kemitraan, pembinaan terus berjalan baik secara langsung maupun online.

Upaya ini seperti tongkat estafet, di mana manfaatnya juga dapat dirasakan oleh orang-orang yang berada di bawah naungan UMKM binaan Pertamina.

Baca juga : Serapan Anggaran Di Masa Pandemi: Kemensos Tertinggi, Mensos Puji Bawahan

Seperti yang dilakukan salah satu mitra binaan Pertamina Defria Amelia Kirana. Pemilik usaha AnnBbaby yang berbasis di Jimbaran, Bali ini ikut memberi perhatian lebih pada lingkungan sekitarnya sejak awal mula pandemi. ”Sejak Maret lalu, mulai banyak pekerja dan buruh yang di rumahkan dampak Covid-19. Akhirnya saya ajak untuk ikut bantu usaha saya,” jelas Defria.

Setidaknya terdapat empat orang buruh jahit yang kini ikut membantu usahanya. Sebelum itu, Defria juga banyak memberdayakan masyarakat sekitar dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga : Digitalisasi, Faktor Penting Penjualan Produk Asuransi

Terutama di kalangan ibu-ibu. “Kami pekerjakan seorang pria dan 3 ibu rumah tangga untuk ikut bantu perekonomiannya. Sampai-sampai mereka bawa anak saat bekerja,” imbuhnya.

Meski berfokus pada penjualan pakaian dan sepatu bayi, sejak saat itu Defria mulai mengekspansi usahanya. Dengan bantuan pekerja tambahan itu, ia mulai membuat beberapa produk yang berfungsi sebagai alat pelindung diri (APD). Seperti masker dan jaket dengan ciri khas budaya Indonesia. ”Kami buat jaket dan masker dengan motif otentik dari Indonesia,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.