BREAKING NEWS
 

Amankan Ekspor Perdana

3 Kapal Patroli Kawal MV Suzuka Express Dari Pelabuhan Patimban

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : ADITYA NUGROHO
Senin, 21 Desember 2020 16:40 WIB
MV. Suzuka Express dikawal 3 kapal patroli keamanan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengawal kapal MV. Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd. Pengawalan untuk memastikan keselamatan kapal yang bermuatan 140 mobil dengan tujuan Brunei Darussalam ini.

Ekspor mobil ini merupakan ekspor perdana yang dilakukan dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jabar. Pelabuhan ini baru diresmikan Presiden Jokowi, Minggu (20/12). Pada kesempatan itu, Jokowi ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Ahmad mengatakan, Kapal MV Suzuka Express telah bertolak dari Pelabuhan Internasional Patimban pada Senin (21/12) pagi. 

Baca juga : Kuatkan Sinergi, Pangdam Dan Kapolda Jawa Timur Kunjungi Pesantren Tebuireng Jombang

“Alhamdulillah, kapal MV Suzuka Express dikawal 3 kapal patroli KPLP hingga keluar area keruk pelabuhan Patimban pukul 7.20 WIB,” kata Ahmad di Jakarta, Senin (21/12). 

Adsense

Menurut dia, keberangkatan Kapal MV. Suzuka Express ini menunggu waktu pasang air laut tertinggi yang terjadi di pagi hari tadi. Hal ini untuk memastikan keselamatan pelayaran. 

“Setelah air laut pasang tertinggi Kapal MV. Suzuka Express bertolak dari dermaga pelabuhan patimban, tidak ada masalah semuanya berjalan dengan baik,” tegasnya.

Baca juga : Menhub Puji Jepang Soal MRT Dan Pelabuhan Patimban

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) kelas I Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto mengatakan, menurunkan 3 kapal patroli KPLP untuk mengawal Kapal MV. Suzuka Express bertolak dari Pelabuhan Patimban. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan selamat dan lancar.

“Tiga 3 kapal tersebut KN Alugara P114, ada KN Trisula P111, dan KN Celurit P203. Alhamdulillah pagi tadi Kapal MV Suzuka Express sudah berlayar bertolak ke Brunei,” ujar Pujo. 

Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense