BREAKING NEWS
 

Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2021 Di Makassar

WIKA Tekankan Pentingnya Optimalisasi Human Capital Dalam Jalankan SMK3 Di Tengah Pandemi

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 12 Januari 2021 20:14 WIB
Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2021 yang dipimpin WIKA di Proyek Pengembangan Terminal dan Fasilitas Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (12/1). (Foto: WIKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur QHSE PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. [WIKA] Rudy Hartono memimpin upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2021 di Proyek Pengembangan Terminal dan Fasilitas Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (12/1).

Mengusung tema “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”, upacara yang diadakan rutin setiap tahunnya ini dihadiri antara lain oleh representatif Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Sultan Hasanuddin International Airport, Co General Manager Airport Project Development I Gusti NGR Agung Wirama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang, Manajemen Proyek Pengembangan Terminal dan Fasilitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, serta beberapa pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Rudy menyampaikan pentingnya penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) seiring bertambahnya risiko kerja akibat pandemi Covid-19. “Aktivitas kerja yang menjadi sangat terbatas harus bisa diimbangi dengan penerapan SMK3 yang inline dengan protokol pencegahan Covid-19,” terang Rudy, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (12/1).

Baca juga : Bamsoet Tekankan Pentingnya Pemanfaatan IT Dalam Pemberdayaan Perempuan

Rudy menekankan pentingnya kesiapsiagaan perusahaan untuk dapat memitigasi risiko atas kemungkinan multiplier effect pandemi yang berkepanjangan. Hal itu, pada 2020, direalisasikan dengan mengimplementasikan program digitalisasi quality dan safety, antara lain: QPASS, RCA, dan CPP/PTKP online.

Adsense

Guna menjembatani semua itu, Rudy berpesan bahwa perusahaan seyogyanya dapat mengoptimalisasi peran dan fungsi human capital sebagai bagian tak terpisah dari SMK3. “Human capital adalah aset. Dengan tumbuh kembangnya kekuatan, kompetensi, dan awareness QHSE yang tinggi dari setiap insan WIKA, maka hal itu akan meningkatkan kualitas dan reputasi perusahaan. Safety is me” pungkas Rudy.

10 Juta Jam Kerja Selamat
Komitmen terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja WIKA pada Proyek Pengembangan Terminal dan Fasilitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin berhasil menghantarkan perusahaan meraih Sertifikat Penghargaan 10.021.036 jam kerja selamat. Penghargaan diberikan langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Darmawan Bintang ke Manajer Proyek Dony Hardono Budiman.

Baca juga : BKS Ajak Generasi Muda Ciptakan Inovasi Di Tengah Pandemi Covid

Raihan jam kerja selamat ini, ungkap Andi, menjadi bukti bahwa WIKA mampu merealisasikan standardisasi 3N yang dicanangkan pemerintah; nihil kecelakaan, nihil pelanggaran norma kerja dan nihil penindakan atas pekerjaan-pekerjaan dalam konteks K3. “Atas nama Pemprov Sulsel, saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas the best effort yang dilakukan WIKA pada Proyek Bandara Sultan Hasanuddin. Semangat,” ucapnya, bangga.

Penghargaan jam kerja selamat ini diyakini Dony diperoleh berkat konsistensi implementasi yang dilakukan tim proyek tanpa henti, dan melakukan improvement secara berkesinambungan sesuai dengan prinsip Planning, Do, Check, dan Action (PDCA). “Semua dilakukan untuk bersama-sama kita capai zero fatality dan zero accident. Seluruh pekerjaan di proyek dilaksanakan sesuai prosedur dan target-target QHSE WIKA,” kata Dony.

Sebagai rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional di Makassar, perseroan juga melaksanakan aktivitas penunjang berupa sarasehan, sharing, dan diskusi mengenai praktik-praktik K3 oleh seluruh elemen, mulai dari direksi hingga pelaksana dan kegiatan CSR. Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan CSR berupa pemberian bantuan sarana dan prasarana kepada Lembaga Tahfidz dan Dai, Pondok Pesantren Ulumul Quran dengan total puluhan juta rupiah. 

Baca juga : Sandi Saranin Pengusaha Tak Asal PHK Di Tengah Pandemi

Dalam peringatan Bulan K3 Nasional 2021 yang berlangsung mulai 12 Januari-12 Februari 2021, -perseroan menghelat beragam kegiatan. Di Kantor Pusat dilakukan upacara pencanangan Bulan K3, Sarasehan webinar, Penilaian QSHE Award 2021, Audit SMK3 Proyek. Sementara untuk proyek, pabrik, dan/atau plant, beberapa kegiatan yang dihelat antara lain; kampanye k3, edukasi k3 interaktif, k3 award, pemasangan materi promosi luar ruang K3 (spanduk, umbul-umbul, baliho), pemeriksaan kesehatan tenaga kerja, pelaksanaan pengawasan dan pelaporan K3 online hingga monitoring pencegahan dan penanganan kasus terkait Covid-19. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense