BREAKING NEWS
 

Launching Program UMK Pangan Olahan

BPOM Tekankan Pentingnya Keamanan Pangan

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 29 Maret 2021 16:40 WIB
Kepala Badan POM, Penny K Lukito (tengah) saat meluncurkan program Orangtua Angkat Pemberdayaan UMK Pangan Olahan, Senin (29/3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) melaunching Program Orangtua Angkat Pemberdayaan UMK Pangan Olahan, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMK) pangan olahan dan masyarakat, terkait keamanan pangan.

Kepala Badan POM, Penny K Lukito mengatakan, program Orangtua Angkat Pemberdayaan UMK Pangan Olahan ini menjadi upaya sinergis yang dilakukan antara pemerintah dan dunia usaha, alam rangka menumbuhkan iklim yang kondusif bagi pengembangan usaha UMK. "Diharapkan UMK mampu tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri,” imbuhnya, Senin (29/3).

Baca juga : Peringati Hari Air Sedunia, Menteri LHK Ingatkan Peran Penting Air Untuk Kehidupan

Keberadaan UMK di Indonesia memegang peran strategis dalam perekonomian nasional. Terutama dalam penyediaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha yang lebih besar, mengingat jumlahnya yang sangat besar.

Tidak terkecuali dengan UMK Pangan. UMK pangan merupakan aset bagi Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperluas lapangan kerja, serta menjadi alternatif bentuk usaha di masa krisis.  

Baca juga : Jamkrindo Dan Jamsyar Beri Penjaminan Hingga Rp 12,02 T

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2018 terdapat 1,9 juta industri manufaktur makanan dan minuman skala kecil dan mikro atau 99,6 persen dari seluruh industri manufaktur makanan dan minuman di Indonesia. Sektor makanan dan minuman menjadi penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) industri non migas terbesar (34 persen).

Adsense

Sedangkan menurut Statistik E-commerce (BPS, 2020), jenis barang/jasa yang paling banyak terjual melalui e-commerce pada tahun 2019 adalah makanan, minuman, dan bahan makanan, yaitu sebesar 30,95 persen dari keseluruhan usaha yang menjadi sampel.

Baca juga : Anak Mentan Incar Jabatan Kepala Karantina Pertanian Makassar

"Memperhatikan peran UMK dan juga pangan olahan yang sangat signifikan ini, maka perlu didukung dengan keberpihakan pada kemudahan berusaha, serta peningkatan kapasitas UMKM untuk menghasilkan produk berkualitas secara berkesinambungan," imbuh Penny.

Program Orangtua Angkat UMK Pangan Olahan yang berisi tujuan dan strategi, serta roadmap 2021- 2024. Selain itu, juga dilakukan penandatanganan komitmen dari pelaku usaha selaku Orangtua Angkat UMK Pangan Olahan.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense