BREAKING NEWS
 

Digandeng PUPR

SMF Benahi Rumah Tak Layak Di Lubunglinggau

Reporter & Editor :
ESTI FITRIA WULANDARI
Selasa, 4 Mei 2021 14:51 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembenahan rumah di Kawasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Kantor SMF, Senin (3/5). Turut hadir Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe dan disaksikan oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur SMF Heliantopo, dan Project Implementation Unit, Kementerian PUPR, Mochmammad Fakhrur Rizqi.

Baca juga : Korem 074 Surakarta Bedah Rumah Warga Jadi Layak Huni

Kerja sama ini merupakan realisasi dari program Pengembangan Rumah di Daerah Kumuh yang merupakan penugasan khusus SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan. Kota Lubuklinggau menjadi kota ke-8 dalam program yang merupakan kolaborasi antara SMF dengan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Dirjen Cipta Karya. 

Adsense

Sebelumnya, SMF dan Dirjen Cipta Karya telah melakukan perbaikan rumah di daerah kumuh seperti di kota Yogyakarta, Semarang, Bukittinggi, Pontianak, Makassar, Pekalongan, serta Tangerang. Ananta mengungkapkan, bahwa dana yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut berasal program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sekaligus sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Baca juga : Dirjen Perumahan Khalawi Bertekad Kurangi Rumah Tidak Layak Huni

“Dana yang dialirkan dalam program ini merupakan amanat dari pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada SMF yang berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat Indonesia. Jadi dari rakyat kembali kepada rakyat,” ungkap Ananta, dalam keterangan resmi, Selasa (4/5). 

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen SMF mendukung program pemerintah untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya di sektor perumahan. Melalui penyediaan hunian yang layak, khususnya bagi masyarakat pra sejahtera.

Baca juga : Gandeng BNPT, AP II Cegah Terorisme Di Bandara

Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi serta mencegah penularan Covid, SMF terus melanjutkan program perbaikan kualitas rumah di daerah kumuh. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat mewujudkan pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. “Kami berharap program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ketersediaan hunian yang layak, serta menciptakan lingkungan rumah yang sehat, “ tutupnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense