Dark/Light Mode

Pemkab Taput Gotong Royong Benahi Rumah Korban Puting Beliung

Rabu, 10 Maret 2021 00:07 WIB
Bupati Taput, Nikson Nababan
Bupati Taput, Nikson Nababan

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) bergerak cepat menangani korban bencana angin puting beliung disertai hujat lebar dan petir yang menerjang lima desa di Kabupaten Taput Sumatera Utara pada Senin (8/3).

Bupati Taput, Nikson Nababan mengerahkan, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara, untuk penanganan darurat di lokasi bencana. Baik itu menangani rumah yang ditimpa pohon tumbang dan penanganan lainnya.

Baca juga : BPIP Resmikan Pasar Gotong Royong Di Sragen

Bupati juga menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk secepatnya mendata korban bencana dan secepatnya diberikan bantuan keuangan agar rumah para korban segera dapat ditempati kembali.

“Semua korban puting beliung harus segera menempati kembali rumahnya,” pinta Nikson, Selasa (9/3)

Baca juga : Puluhan Rumah Di 2 Provinsi Rusak Diamuk Puting Beliung

Ia mencatat, jumlah rumah yang rusak di Kecamatan Tarutung, yaitu Desa huta toruan I rusak berat sebanyak 4 unit rumah , rusak ringan sebanyak 19 unit, dengan total 23 unit rumah. Di Desa parbubu Pea, rusak berat 13 unit, rusak ringan sebanyak 16 unit rumah.Totalnya, 29 unit rumah.

Total keseluruhan di sebanyak 52 unit rumah Kemudian, di Kecamatan Siatas Barita, sebanyak 49 unit rumah rusak berat dan rusak ringan dan 1 unit jembatan rusak ringan.

Baca juga : DPD: Vaksin Gotong Royong Jangan Menjadi Lahan Bisnis

Seperti diketahui, angin puting beliung disertai hujat lebat dan petir menerjang lima desa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Senin (8/3) sore. Akibatnya, puluhan rumah di Kecamatan Tarutung dan Kecamatan Siatas Barita itu rusak. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.