Dark/Light Mode

Banjir Bandang Di Sitaro, 2 Rumah Rusak Berat Dan 163 Orang Ngungsi

Selasa, 30 Maret 2021 16:33 WIB
Banjir bandang menerjang wilayah Namitung, Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, pada Senin (29/3). (Foto: BPBD Kabupaten Sitaro)
Banjir bandang menerjang wilayah Namitung, Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, pada Senin (29/3). (Foto: BPBD Kabupaten Sitaro)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir bandang menerjang wilayah Namitung, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, pada Senin (29/3) pukul 15.35 waktu setempat. Kejadian itu menyebabkan dua rumah warga mengalami rusak berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro pada Selasa (30/3) menginformasikan banjir bandang merusakkan rumah dan jalan. Dua rumah warga di Bahu Lingkungan II atau Namitung ini rusak berat, sedangkan satu lainnya rusak ringan.

Baca juga : Komisi IV Soroti Impor Beras Dan Smelter Di Hutan Lindung

Di samping itu, tempat usaha warga berupa bengkel juga mengalami rusak berat. Demikian juga akses jalan sepanjang 100 meter rusak. BPBD setempat melaporkan kronologi banjir bandang dipicu oleh hujan lebat pada hari Senin (29/3).

Sementara itu warga yang mengungsi berjumlah 50 KK atau 163 jiwa. Mereka tersebar di dua tempat pengungsian. Warga mengungsi di Gereja Bahu sebanyak 33 KK atau 111 jiwa dan rumah keluarga 17 KK atau 52 jiwa.

Baca juga : Masker Dan Hand Sanitizer Ya

BPBD Kabupan Kepulauan Sitaro telah mendistribusikan bantuan permakanan kepada para warga di pengungsian. Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan matras, tikar dan selimut.

Melihat Info Badan Meteorologi Klimatologi dab Geofisika (BMKG) , prakiraan cuaca di Kecamatan Siau Timur menunjukkan hujan ringan pada siang hingga sore hari. Hal serupa masih berpotensi terjadi pada esok hari, Rabu (31/3).

Baca juga : Bus Masuk Jurang Di Sumedang, 27 Orang Meninggal Dunia

BMKG menghimbau warga tetap waspada dan siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.