BREAKING NEWS
 

Waskita Karya Garap Ruang Perawatan Pasien Corona Di RSUP Sardjito

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Jumat, 30 Juli 2021 13:09 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan ruang perawatan Covid-19 di RSUP Sardjito yang digarap Waskita Karya. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah menggarap proyek Ruang Perawatan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembangunan dimulai 21 Juli 2020 dan ditargetkan rampung 3 Agustus 2021.

Dalam masa pengerjaan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyempatkan diri untuk meninjau langsung pembangunan ruang perawatan tersebut. Menurut Basuki, pembangunan ruang perawatan ini sebagai bentuk antisipasi guna memenuhi kebutuhan tempat penanganan akibat lonjakan jumlah penderita Covid-19.

Tinjauannya kali ini kata dia, merupakan instruksi dari Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mempercepat penyelesaian fasilitas isolasi pasien Covid-19 di daerah-daerah yang membutuhkan.

Baca juga : Waskita Garap Proyek Pura Besakih Senilai Rp 201 Miliar

"Salah satunya di Yogyakarta yang kasusnya masih tinggi," ucap Basuki, Jumat (30/7).

Berdasarkan informasi di Yogya, lanjut dia, kebutuhannya minimal 200 tempat tidur per bed ICU (Intensive Care Unit). Sementara yang tersedia hanya sekitar 150 bed. Untuk itu pemerintah menambahkan di dua RS tersebut, sehingga diharapkan upaya Waskita Karya bisa menambahkan fasilitas ICU di Yogyakarta.

Adsense

“Lima hari ini akan selesai (ruang perawatan), target penyelesaiannya direncanakan selesai tanggal 2 Agustus 2021. Tenaga kesehatannya dari Kementerian Kesehatan akan masuk pada 30 Juli 2021. Sehingga Insya Allah tanggal 5 Agustus 2021 sudah bisa dioperasikan,” lanjut Basuki.

Baca juga : Katia Aveiro, Berjuang Lawan Covid

Sementara itu, Director of Operation Waskita Karya I Ketut Pasek Senjaya Putra mengatakan, saat ini pembangunan sudah mencapai 30 persen. Pada pembangunan ini, Waskita diminta untuk mengerjakan tiga item.

Yang pertama ada item pekerjaan struktur yang meliputi pekerjaan baja platform. Kedua, item arsitektur yang meliputi kamar mandi, dinding partisi Glass Reinforced Concrete (GRC), vinyl, pekerjaan pintu dan jendela, lalu dinding sandwich panel, kemudian ada pula plafond akustik dan sanitair.

"Untuk item ketiga yaitu instalasi mekanikal-elektrikal dan plumbing (MEP) meliputi gas medis, elektronika, plumbing, dan instalasi udara,” rinci Pasek.

Baca juga : Rumah Sakit Penuh, Banyak Pasien Corona Di Thailand Meninggal Di Jalan

Senior Vice President Building Division Waskita Karya Anak Agung Gede Sumadi menjelaskan, pembangunan ruang perawatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Waskita dalam mengatasi pandemi Covid-19. 

Di dalam ruang perawatan ini akan memiliki 65 kamar tidur. “Itu ada 62 bed ICU, kemudian dua bed Hemodialisa, dan satu bed Extracorporeal Membrane Oxygenation (ECMO),” sebutnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense