BREAKING NEWS
 

Kalender 2021 Bakal Kelar

Ingat, Corona Belum Tamat!

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Kamis, 30 Desember 2021 07:20 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengingatkan, perjuangan menghadapi Covid-19 belum selesai, meski 2021 segera berakhir.

Wiku menyatakan, pengalaman penanganan Covid-19 tahun ini, akan dijadikan pembelajaran untuk tahun depan. “Jadi kita bisa lebih antisipatif mencegah kemunculan kasus,” ujar Wiku, saat konferensi pers virtual, kemarin.

Baca juga : KBRI Bangkok Akhiri 2021 Dengan Gelar Indonesian Festival Virtual

Ia menyebut, kasus Covid-19 yang sudah terkendali saat ini adalah hasil pengendalian melalui berbagai modifikasi perilaku masyarakat, serta kekebalan komunitas akibat vaksinasi, maupun akibat infeksi.

Kebijakan pertama yang diterapkan pemerintah pada tahun ini adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali pada Januari-Februari 2021. Kebijakan ini diterapkan pada beberapa kabupaten/kota dengan kenaikan kasus. Kemudian, kebijakan ini dimodifikasi menjadi PPKM Mikro dengan pembentukan Posko Desa/Kelurahan.

Baca juga : Gandeng PMI, Bank DKI Luncurkan Kartu Donor Darah Berbasis JakCard

Selanjutnya, saat terjadi gelombang kedua Juli lalu, diterapkan PPKM Darurat dan Pengetatan PPKM Mikro (micro lockdown). Setelah kasus konsisten turun, ditetapkanlah instrumen pengendalian aktivitas masyarakat yang berkelanjutan dengan pendekatan level kabupaten/kota untuk menimbang gas-rem pengendalian di kabupaten/kota.

Kemudian, khusus hari raya atau waktu libur yang sangat potensial menyumbang kenaikan kasus, pemerintah menyusun skenario pengendalian sesuai kondisi kasus saat itu.

Adsense

Baca juga : Luhut: Tunggu Januari

“Pada setiap peraturan yang dibuat, perencanaannya dilakukan jauh-jauh hari dan melibatkan lintas kementerian/lembaga untuk kesiapan implementasi kebijakan yang sigap,” ucap Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense