Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gandeng PMI, Bank DKI Luncurkan Kartu Donor Darah Berbasis JakCard

Rabu, 22 Desember 2021 13:45 WIB
Bank DKI meraih penghargaan perolehan bulan dana PMI tertinggi tingkat Provinsi DKI Jakarta kategori BUMD dengan total nilai Rp 50 juta.
Bank DKI meraih penghargaan perolehan bulan dana PMI tertinggi tingkat Provinsi DKI Jakarta kategori BUMD dengan total nilai Rp 50 juta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank DKI bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Kartu Donor Darah berbasis JakCard sekaligus Launching Digitalisasi Pelayanan Darah pada Unit Donor Darah PMI Provinsi DKI Jakarta. 

Kartu Donor Darah berbasis JakCard tersebut diberikan langsung oleh Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono bersama Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan 
dan Ahmad Riza Patria. 

Dalam peluncuran tersebut, Bank DKI juga meraih penghargaan Perolehan Bulan Dana PMI Tertinggi tingkat Provinsi DKI Jakarta kategori BUMD dengan total nilai Rp 50 juta.

Berita Terkait : Hadirkan Cita Rasa Indonesia, Salad Point ID Luncurkan Menu Indonesian Salad

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan, penyerahan Kartu Donor Darah berbasis JakCard tersebut dimaksudkan sebagai bentuk dukungan Bank DKI pada berbagai program-program kemanusiaan yang dijalankan oleh PMI Provinsi DKI Jakarta. 

Melalui kartu Donor Darah Berbasis JakCard, pendonor mendapatkan beragam kemudahan, antara lain Kartu Donor Darah dapat digunakan sebagai kartu identitas pendonor yang berisi data diri, golongan darah dan jumlah donor darah yang telah dilakukan. 

Selanjutnya, pemegang Kartu Donor Darah berbasis JakCard memiliki kemudahan melakukan registrasi saat akan mendonorkan darahnya. 

Berita Terkait : Yang Lain Masih Sibuk Dosis Ketiga, Israel Siap Luncurkan Dosis Keempat

“Pendonor juga memiliki akses untuk melakukan donor darah di 5 wilayah di Provinsi DKI Jakarta serta tempat yang terintegrasi dengan aplikasi JakBlood PMI DKI Jakarta,” kata Herry Rabu (22/12)

Sebagaimana diketahui, JakCard sebagai kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink. 

JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium, Ancol dan berbagai museum di DKI Jakarta. 

Berita Terkait : Pertama Di Indonesia! BRI Dan Pegadaian Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas

Untuk keperluan top up atau isi ulang saldo, pemegang JakCard juga tidak perlu repot mencari tempat top up. Selain di counter-counter loket kawasan wisata, pemegang JakCard dapat menggunakan JakOne Mobile dari smartphone berfitur NFC untuk melakukan isi ulang saldo JakCard hanya dengan beberapa langkah mudah.

Selain kartu donor darah berbasis JakCard, Bank DKI juga mendukung sistem pembayaran non-tunai bagi masyarakat yang ingin donasi ke Palang Merah Indonesia (PMI). Melalui scan to pay aplikasi JakOne Mobile atau aplikai lainnya yang telah tergabung jaringan QRIS. Pembayaran donasi masyarakat ke PMI DKI Jakarta juga dapat dibayar melalui menu transfer pada JakOne Mobile. [MFA]