BREAKING NEWS
 

Jamin Presiden Masuk Surga Kalau IKN Pindah Ke Kaltim

Isran Noor Bisa Aja Ngerayunya

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 9 April 2021 06:55 WIB
Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. (Foto: Humas Pemprov Kaltim)

 Sebelumnya 
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengomentari ucapan Isran yang menjamin Jokowi masuk surga. Kata dia, pernyataan Isran itu adalah bagian dari doa.

“Pak Isran Noor adalah satu diantara sekian juta rakyat Indonesia yang tanpa sepengetahuan kita mendoakan pak Jokowi dengan tulus,” kata Ngabalin kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Sedikit banyak, Ngabalin mengaku paham betul bagaimana dinamika pemindahan IKN. Sebab, jauh sebelumnya, ia mengaku pernah terlibat dalam Pansus Revisi Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara, ketika zamannya Sutiyoso masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Ketua Pansusnya ketika itu Effendi Simbolon. Karena itu bang Ali, sedikit paham,” kisahnya.

Baca juga : Kalau Terbukti Ada Kelalaian, Nggak Bakal Dikasih Ampun

Ia meyakini, warga Kalimantan khususnya Kaltim, kini senang daerahnya akan jadi IKN. “Karena itu doa pak Isran Noor kita beri apresiasi luar biasa,” sambungnya.

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio maklum, jika Isran Noor sampai segitunya menjamin Jokowi masuk surga. Karena bagi orang Kaltim, keputusan pindah IKN adalah kebijakan yang bagus. Tapi, ia mengingatkan agar Isran jangan terlalu senang dulu. Karena jadi apa enggaknya, belum tahu.

“Itu kan baru niat, tapi apa jadi atau nggaknya, kan belum tahu,” kata Agus lewat sambungan telepon, tadi malam.

Baca juga : Swiss-Belresidences Kalibata Kenalkan Menu Baru

Pindah IKN, sambung Agus, bukan perkara mudah. Selain butuh anggaran besar, juga perlu waktu yang tidak singkat.

Ia tidak yakin, IKN bisa kelar dalam periode kedua Jokowi. Karena jika melihat pengalaman negara-negara lain, pindah IKN butuh waktu di atas 10 tahun. Apalagi, saat ini niatan itu sekarang terkendala pandemi Covid-19.

“Mending urus pandemi dulu. Kebijakan pindah ibu kota belum penting lah,” sentilnya.

Baca juga : Jadi Single Parents, Aura Kasih Beli Beras Sendirian

Isu pemindahan IKN panas lagi setelah RUU IKN menjadi 1 dari 33 RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021. Setelah sempat sepi, sejak pandemi Covid-19 merebak.

Anggaran tahun lalu yang kabarnya sempat diplot sekitar Rp 2 triliun buat IKN, batal karena harus dialihkan fokusnya untuk penanganan virus Corona. Peletakan batu pertama alias groudbreaking yang mulanya direncanakan akan berlangsung pada Oktober-November 2020, juga ditunda. Kabar terbaru akan dilakukan tahun ini. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense