BREAKING NEWS
 

Bantu Keselamatan Transportasi

Menhub Apresiasi Inovasi BMKG

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 30 Juli 2021 11:21 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

 Sebelumnya 
"Saya melihat kemajuan IT di BMKG begitu maju. Ini menunjukkan betapa pentingnya BMKG menjadi suatu bagian yang men-support data kepada kami agar keselamatan dapat kita jaga," ujarnya.

Kemenhub juga terus melakukan optimalisasi agar bisa melakukan respon secara cepat terhadap informasi dari BMKG. Seperti misalnya, di sektor perhubungan udara, Ditjen Perhubungan Udara memastikan bahwa para penerbang mendapatkan pelatihan terkait penanganan jika menemui kondisi cuaca yang ekstrem.

Baca juga : Buka Diklat Bela Negara Di Unhan, Firli Bahuri Apresiasi 18 Pegawai KPK Yang Ikut

Menurutnya, Kemenhub sebagai regulator terus melakukan pengawasan rutin secara berjadwal maupun tidak berjadwal baik dalam simulator maupun onboard penerbangan, serta melakukan standarisasi pelatihan penerbang setiap 6 bulan.

"Kami secara rutin mengeluarkan peringatan keselamatan kepada penerbang terhadap fenomena cuaca ekstrim jika diperlukan, dan dianggap membahayakan penerbangan di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga : Jaga Prokes Selama Idul Adha, Gus Halim Apresiasi Pendamping Desa

Ia berharap ke depannya BMKG dapat terus melakukan inovasi-inovasi dan melakukan integrasi dan standarisasi data serta mengoptimalkan kecepatan pemberian informasi peringatan dini secara real time. Karena  saat ini masih ada kendala untuk diakses terutama oleh kapal yang kehilangan sinyal di tengah laut. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense