BREAKING NEWS
 

Sandiaga Dorong Pembukaan Lapangan Kerja Baru Di Sumut

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 9 November 2021 16:54 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kota Medan dan Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut) untuk mengikuti program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sandiaga menegaskan, hal itu untuk mendorong terciptanya lapangan pekerjaan pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Bamsoet: Petugas Lapangan Olahraga Bermotor Harus Kompeten Dan Berkualitas

"Hari ini ada berita baik, yaitu serapan lapangan pekerjaan semakin meningkat. Dan 70 persen ditopang oleh pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno seusai menghadiri kegiatan Kabupaten Kota Kreatif, di Kota Medan, Senin (8/11).

Dalam sambutannya, Sandi menyebutkan, Kemenparekraf dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat secara konkrit melakukan endorsemen produk-produk UMKM.

Baca juga : Sandiaga Dorong Pengembangan Desa Wisata Religi Bubohu Bongo

"Produk UMKM ini kita pantau menurut big data ada peningkatan 35-40 persen. Kita harapkan ini menjadi awal dari kota Medan melakukan proses uji petik menjadi kota kreatif sehingga ekonomi kreatif semakin bergerak dan lapangan kerja semakin bertambah," tuturnya. 

Adsense

Program Gerakan Nasional Bangga Indonesia yang sudah diluncurkan adalah program stimulus khusus di beberapa sub sektor, termasuk kuliner, kriya, fashion dan kecantikan. "Setiap UMKM akan mendapatkan Rp 50 juta. Masih ada sekitar 3.000-3.500 slot," ungkap Sandi. 

Baca juga : Ini 7 Pemain Persib Yang Belum Pernah Main Di Liga 1

Ia berharap, para pelaku ekonomi kreatif di Sumut bisa ikut berpartisipasi dalam program stimulus tersebut. Sebab, program ini, murni program stimulus.

"Nggak pakai ribet, nggak pakai mumet, nggak pakai entar-entar, hari ini bisa diklaim, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penggerak ekonomi lokal untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense