Dark/Light Mode

Telkom Hadirkan Layanan ICT Kelas Dunia Di Mandalika

Jumat, 5 November 2021 19:02 WIB
Penandatanganan artefak komitmen kesiapan hasil pembangunan Infrastruktur ICT Mandalika oleh Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko (kedua kiri) disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah (kedua kanan) Jumat (5/11),
Penandatanganan artefak komitmen kesiapan hasil pembangunan Infrastruktur ICT Mandalika oleh Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko (kedua kiri) disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah (kedua kanan) Jumat (5/11),

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (persero) Tbk mendukung program Pemerintah melalui penyediaan digitalisasi di kawasan Mandalika, dalam event Internasional Wolrd Superbike dan MotorGP 2021.

Dewan Komisaris Telkom, Rizal Mallarangeng mengatakan, Telkom secara sungguh-sungguh telah mendukung dan menyiapkan infrastruktur backbone di Mandalika, sehingga semakin maju dan dikenal di kancah internasional melalui event-event besar, seperti yang sebelumnya dilakukan pada penyelenggaraan PON XX Papua.

"Terima kasih atas kontribusi Telkom. Semoga NTB dapat menjadi digital province terdepan,"ujar Rizal dalam keterangannya Jumat (5/11).

Direktur Network dan IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, saat ini Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya untuk salah satu destinasi super prioritas, yakni Mandalika, bekerja sama dengan ITDC Group.

"Terima kasih kepada ITDC Group, Pemprov NTB, dan Pemerintah yang terus memberikan kepercayaan kepada Telkom untuk mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT pada pelaksanaan berbagai event besar negara," kata Herlan.

Baca juga : Kominfo Sinergikan Layanan Informasi Publik Berbasis Elektronik

Herlan menambahkan, Telkom memastikan infrastruktur dan layanan di Mandalika dalam kondisi prima dengan konfigurasi alternatif backup yang baik.

Uji jaringan ini pun dilakukan untuk memastikan bahwa infrastruktur, seperti jalur backbone, baik main route maupun alternative route bekerja dengan baik, jalur transport regional serta yang lainnya.

"Semoga penyediaan fasilitas ICT dan digitalisasi ini menjadi wujud kontribusi TelkomGroup untuk memajukan Indonesia, khususnya NTB menjadi lebih baik lagi," ungkap Herlan.

Selanjutnya, Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation Ema Widyastuti mengatakan, bahwa kawasan Mandalika adalah kawasan kedua yang ditugaskan Pemerintah kepada ITDC untuk dikembangkan, dengan luas mencapai 3,5 kali lipat dari luas kawasan Nusa Dua yang telah dikembangkan sebelumnya.

Meski demikian, pengembangan kawasan ini dirasakan jauh lebih cepat secara eksponensial dikarenakan dukungan mitra yang sangat andal untuk secara bersama-sama memajukan Mandalika, salah satunya Telkom.

Baca juga : Swiss-Belhotel Serpong Hadirkan Menu Italia dan Indonesia Fusion Food

Ia mengatakan, TelkomGroup tidak hanya mendukung dalam penyelenggaraan event Mandalika, tapi juga dalam penyediaan infrastruktur ICT untuk akomodasi dan fasilitas penunjang di area kawasan.

"Memang sirkuit ini adalah satu hal tetapi pengembangan tidak hanya pada sirkuit saja, akan ada pengembangan akomodasi dan fasilitas. Kami berharap, Telkom dan ITDC dapat menjadi mitra yang sangat baik tidak hanya untuk memajukan Mandalika, tapi juga destinasi super prioritas berikutnya, yang akan membawa harum nama bangsa dan negara Indonesia," ujar Ema.

Ada dua peran utama TelkomGroup dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika, yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT dan sebagai pendukung UMKM serta ekosistem di sekitar kawasan.

Untuk infrastruktur ICT, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps.

Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Baca juga : HAKA Resto Menghadirkan Hidangan Special Baru

Sementara itu, terkait dengan dukungan bagi UMKM, TelkomGroup menyediakan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food dan beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps. Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja. Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika,

TelkomGroup juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional hingga nasional.

Ia berhatap dengan kolaborasi dan semangat untuk bersinergi dapat menyukseskan perhelatan event besar dunia di Mandalika.

"Dengan Klkerja sama ini akan memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional serta mendukung perkembangan ekonomi di Kawasan Mandalika," tutup Herlan. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.