BREAKING NEWS
 

Jalani Tugas Baru Sebagai Sekjen IORA, Dubes Salman Bahas Investasi Hingga Teknologi

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Kamis, 6 Januari 2022 09:27 WIB
Sekjen IORA, Dubes Salman Al-Farisi mulai melaksanakan tugas. (Foto: KBRI Pretoria)

 Sebelumnya 
Sejak menjabat Sekjen IORA per Januari 2022, Dubes Salman masih menjalankan tugas kedinasannya secara daring di Pretoria, Afsel dikarenakan perkembangan terbaru pandemi Covid-19 dan keterbatasan jalur penerbangan dari Afsel ke Sekretariat IORA yang berkantor di Mauritius.

Terpilihnya Dubes Salman sebagai Sekjen IORA merupakan salah satu cerminan dari pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang senantiasa berperan aktif di forum internasional, termasuk dalam penempatan sumber daya manusia di berbagai posisi strategis.

Baca juga : 46 Orang Wafat, 9 Hilang, Lahar Masih Mengancam

Lebih lanjut, kesuksesan pencalonan Dubes Salman merupakan bukti besarnya kepercayaan negara-negara anggota IORA, termasuk Afsel, terhadap Indonesia.

Hal tersebut tidak terlepas dari upaya diplomasi yang selama ini KBRI Pretoria lakukan terhadap Pemerintah Afsel guna memperkuat hubungan baik yang dimiliki kedua negara. IORA adalah organisasi regional yang beranggotakan 23 negara yang secara geografis berada di tepi Samudera Hindia.

Baca juga : Piala Thomas Kembali Setelah 19 Tahun Pergi, Jokowi Sampaikan Apresiasi Di Bali

Saat ini IORA juga memilki 9 negara mitra dialog, termasuk Amerika Serikat, Rusia, Inggris, China, Jerman, dan Jepang.

Program-program kerja sama prioritas yang menjadi garapan IORA antara lain keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, pengelolaan lerikanan, manajemen risiko bencana, pertukaran pariwisata dan budaya, kerja sama akademi, sains, dan teknologi, blue economy, dan pemberdayaan ekonomi perempuan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense