Dark/Light Mode

Kunjungi 5 Provinsi Di Thailand Selatan

Dubes Rachmat Bahas Kerja Sama Pendidikan Hingga Pertahanan

Sabtu, 30 Oktober 2021 15:34 WIB
Dubes Rachmat Budiman (kiri) saat bertemu Commander of 4th Army Region/Director for Internal Security Operation Command 4 (ISOC), Letjen Kriangkai Srirak. (Foto: KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (kiri) saat bertemu Commander of 4th Army Region/Director for Internal Security Operation Command 4 (ISOC), Letjen Kriangkai Srirak. (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menyatakan kedekatan geografis serta sosial budaya antara Indonesia dan Thailand Selatan.

Kerja sama ini merupakan modalitas untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Thailand, khususnya di Provinsi Songkhla, Satun, Pattani, Yala dan Narathiwat.

Baca juga : Kolaborasi Alumni Belanda Bahas Kerjasama Pencapaian SDGs di WINNER 2021

Hal ini disampaikan Dubes Rachmat saat courtesy call dengan Gubernur Songkhla, Gubernur Satun, Gubernur Pattani, Gubernur Yala, serta Wakil Gubernur Narathiwat dalam rangkaian kunjungan kerja tanggal 25–28 Oktober 2021.

"Indonesia terbuka dan siap melakukan berbagai kerja sama di bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan dengan berbagai stakeholders di Thailand Selatan," ujar Dubes Rachmat.

Baca juga : Prabowo Dan Menhan Malaysia Matangkan Kerja Sama Bilateral Pertahanan

Lebih lanjut Dubes Rachmat menjelaskan bahwa modalitas kedekatan geografis dan kemiripan budaya antara RI dan Thailand harus dimanfaatkan secara maksimal dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Rachmat menitipkan WNI yang ada di lima provinsi tersebut kepada masing-masing Gubernur, termasuk kemudahan akses untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga : Airlangga Perintahkan Kader Beringin Bangun 200 Klinik Kesehatan

Pendidikan juga menjadi bidang kerja sama yang digarisbawahi dalam kunjungan perdana Dubes Rachmat ke wilayah Thailand Selatan.

Tercatat ada 265 WNI yang tinggal di lima provinsi tersebut, yang didominasi mahasiswa. Sementara, terdapat 1.400 mahasiswa asal Thailand Selatan yang menimba ilmu di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.