BREAKING NEWS
 

Hingga Oktober, Selandia Baru Longgarkan Perbatasan Bertahap

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 3 Februari 2022 11:05 WIB
Pesawat Air New Zealand lepas landas dari Bandara Auckland, Selandia Baru. Foto diambil pada 9 Agustus 2021. (Foto AFP/William West)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selandia Baru tidak akan sepenuhnya membuka perbatasannya hingga Oktober mendatang. Menurut Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern, pemerintahannya menerapkan lima fase untuk  membuka perbatasan Negeri Kiwi itu.

Ardern mengatakan bahwa fase pertama akan dibuka pada akhir Februari dan berakhir dengan fase kelima pada Oktober mendatang. Warga Selandia Baru maupun pelancong yang sudah divaksinasi penuh dan memenuhi syarat dapat melakukan perjalanan dari Australia mulai Minggu (27/2). Tidak perlu alih-alih melakukan isolasi ke MIQ.

Baca juga : Airlangga-Dubes Selandia Baru Bahas Peluang Kerja Sama Perdagangan Sampai Energi

Langkah kedua akan dilakukan 2 minggu kemudian, yakni pada 13 Maret. Pada tahap ini, warga Selandia Baru yang telah divaksinasi penuh dan wisatawan lain dari seluruh dunia juga akan dapat melakukan perjalanan ke Selandia Baru tanpa melalui MIQ.

Selama fase ini, juga akan ada pengecualian perbatasan yang diperluas untuk pekerja kritis, dan pekerja terampil tertentu yang berpenghasilan setidaknya 1,5 kali upah rata-rata. Cakupan orang yang diperbolehkan masuk akan semakin meluas seiring dengan bertambahnya fase.

Baca juga : Lawan Persela, Singo Edan Bertekad Jaga Mahkota

"Membuka kembali dengan cara yang terkelola ini menyeimbangkan arus masuk warga asing sambil memastikan pula sistem perawatan kesehatan kami dapat mengelola peningkatan kasus," kata Ardern dalam pidatonya di Auckland, ketika mengumumkan rencananya, Kamis (3/2).

"Sudah waktunya untuk bergerak lagi," kata Ardern hampir dua tahun setelah menutup negara Pasifik Selatan itu untuk memerangi pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense