BREAKING NEWS
 

AS Umumkan Visi Indo Pasifik Di Tengah Ketegangan Ukraina

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 15 Februari 2022 19:57 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken (Reuters/Carlos Barria)

 Sebelumnya 
Keempat, AS berkomitmen akan membantu membangun Indo Pasifik yang lebih tangguh. Dalam hal pandemi Covid-19 dan krisis iklim. Kelima, AS berkomitmen meningkatkan keamanan Indo Pasifik.

Adsense

Dengan adanya ancaman yang terus bergulir dan pendekatan keamanan AS menyatakan akan mengandalkan kekuatan terbesarnya. Termasuk lewat aliansi dan kemitraan AS.

Baca juga : Lestari: Waspadai Titik Lengah Penyebaran Virus Corona

AS menyadari sebagian besar masa depan dunia akan ditentukan di Indo Pasifik. “Komitmen abadi kami untuk kawasan ini dan kolaborasi kami dengan para sekutu dan mitra kami akan membantu kami mencapai kawasan yang bebas dan terbuka, saling terhubung, sejahtera, tangguh, dan aman untuk semua,” kata Blinken.

Visi Indo Pasifik AS ini dipaparkan lagi, ketika ketegangan terjadi di Ukraina. AS mengklaim punya bukti bahwa Rusia siap menyerang Ukraina. Rusia membantah. Moskow dan menyatakan, mereka mengerahkan pasukan ke perbatasan Ukraina justru karena terancam dengan pergerakan negara aliasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Baca juga : Pulau Pramuka Perketat Pengawasan Kedatangan Pemumpang Kapal

Menurut Presiden Vladimir Putin, AS ingin menggiring Rusia masuk ke dalam situasi perang dengan retorika-retorika seolah Moskow siap menyerang Kiev (Ibu Kota Ukraina).

Ukraina merupakan bekas Uni Soviet yang berbatasan dengan Uni Eropa dan Rusia. Ukraina bukan bagian dari anggota NATO, namun Ukraina adalah negara mitra. AS mendukung Ukraina masuk NATO yang mencemaskan bagi Rusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense