Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Humas Indonesia Perlu Kembangkan Kompetensi

Kamis, 3 Februari 2022 11:56 WIB
Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Boy Kelana Soebroto. (Foto: Zoom)
Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Boy Kelana Soebroto. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Humas memiliki peran penting. Tidak hanya bagi perusahaan, peran mereka juga dibutuhkan untuk negara. Karena itu, Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Boy Kelana Soebroto mengajak para humas untuk meningkatkan kompetensinya.

"Humas Indonesia harus berkontribusi lebih besar untuk perusahaan dan membangun optimisme untuk pertumbuhan Indonesia," ujar Boy dalam Penghargaan Indonesia Public Relation Awards 2022 "Creating Impact for The Better Future", dikutip Kamis (3/2).

Untuk mengembangkan kompetensi, maka para humas di Indonesia harus menggunakan paradigma baru dalam melaksanakan perannya. Seperti, memahami riset data dan analisa teks dalam situasi apapun.

Baca juga : 5 Pemain Persija Dipanggil Timnas, Bepe: Ini Berat, Tapi...

Selain itu humas Indonesia perlu memaksimalkan peluang kolaborasi. Caranya dengan memahami kebutuhan para pemangku kepentingan.

"Humas Indonesia perlu membangun strategi berbasiskan goals. Seperti strategic planning, campaign, crisis management dan monitoring dan evaluasi," paparnya.

Humas Indonesia juga harus mampu menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Mulai dari perencanaan implementasi strategi sampai tahap evaluasi.

Baca juga : Adilson Cedera, Singo Edan Tanpa Kiper Utama Di Tiga Laga

Dengan kemampuan yang meningkat, maka diharapkan para humas di Indonesia mampu mempelajari hal-hal baru. Di era digital seperti sekarang perlu adaptasi perlu dilakukan dengan cepat dan agle.

Lebih jauh Humas Indonesia perlu memahami value added dalam mendukung pemerintah sebagai upaya meningkatkan kinerja terhadap kualitas pelayanan masyarakat.

"Humas juga perlu memiliki mindset untuk memanfaatkan transformasi digital secara maksimal, inovatif dan kolaboratif dengan pemangku kepentingan," tutur Boy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.