Dark/Light Mode

Human Error Penyebab Terbanyak Kecelakaan Lalu Lintas

Rabu, 9 Februari 2022 15:20 WIB
Kecelakaan bus pariwisata di Bantul, Jogja. (Foto: ist)
Kecelakaan bus pariwisata di Bantul, Jogja. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono menyoroti terjadinya beberapa kecelakaan yang terjadi pada awal tahun 2022 dan menimbulkan banyak korban jiwa. Salah satu penyebabnya karena faktor human error.

Menurut dia, hasil kajian yang dilakukan Jasa Raharja bersama Universitas Airlangga Surabaya, diketahui kecelakaan yang terjadi saat ini selain karena faktor kendaraan yang tidak layak juga terkait human error atau kelalaian manusia.

Menurutnya, human error pada pengendara mobil terjadi akibat kesalahan manusia seperti kelelahan, mengantuk dan kehilangan konsentrasi lalu didukung dengan perilaku berkendara dengan kecepatan tinggi. 

Baca juga : Cegah Penyebaran Omicron, Atlet Pelatnas PBSI Jalani Vaksinasi Booster

"Hal tersebut merupakan bentuk human errors, yang disebabkan oleh banyaknya aktivitas dan kurangnya istirahat" kata Rivan, Rabu (9/2).

Sedangkan pada pengendara motor, human errors berupa berkendara dengan kecepatan tinggi saat berkendara disebabkan karena kurangnya pengetahuan, kondisi fisik dan kondisi mental yang kurang memadai. 

Data menunjukan faktor penyebab kecelakaan berasal dari 61 persen human errors, 9 persen faktor kendaraan, 30 persen faktor prasarana dan lingkungan. 

Baca juga : KPK Ancam Tersangkakan Notaris

Dirops Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana mengatakan, pada 2021 penyerahan santunan Jasa Raharja mengalami kenaikan 3,2 persen dibanding tahun 2020, namun terjadi penurunan jumlah korban kecelakaan Lalu Lintas yang disantuni Jasa Raharja sebanyak 0,3 persen.

“Dengan kata lain terjadi peningkatan fatalitas pada korban kecelakaan Lalu Lintas yang disantuni Jasa Raharja" ujar Dewi Aryani.

Jasa Raharja pun berusaha menurunkan angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia adalah melakukan langkah-langkah Strategis dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menekan kecelakaan melalui program-program yang bersifat edukatif.

Baca juga : Ira Koesno Tatar Milenial Tak Kena Mental Ketika Baru Lulus Kuliah

Salah satunya caranya dengan menggelar Jasa Raharja Live Streaming YouTube yang akan dilaksanakan Rabu (9/2) jam 19.00 WIB mengambil Tema “Human Error”. Live streaming bisa disaksikan secara Live di dua kanal YouTube yaitu kanal Jasa Raharja dan BUMN Info.

Acara akan dipandu host kenamaan Surya Insomia dan Fhany Ghassani, dengan nara sumber Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono dan Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana. Sebagai bintang tamu akan hadir Atenk Katros pemilik Bengkel Motor Katroz yang tenar karena memodifikasi motor yang dikendarai Presiden Jokowi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.