BREAKING NEWS
 

Semarak Festival Nowruz Di Perpusnas, Iran-Indonesia Makin Erat

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 31 Maret 2022 14:33 WIB
Duta Besar Iran Mohammad Azad (tengah) menghadiri Iran Nowruz Festival 2022 di lantai 4 Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (Foto Paul Yoanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bangsa Persia tahun ini memperingati Nowruz 20 Maret lalu. Nowruz berarti hari yang baru, atau tahun baru. Biasanya merupakan hari pertama musim semi. Nowruz juga dikenal sebagai Tahun Baru Persiia. Untuk merayakan itu, Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta, menggelar Iran Nowruz Festival 2022 di lantai 4 Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, 28 Maret hingga 1 April 2022.

Karpet-karpet bermotif indah itu berjejer rapi di ruang pameran. Di bagian paling depan, karpet coklat besar berukuran sekitar 2x4 meter, menyambut pengunjung. Masuk lebih ke dalam, karpet berwarna dominan hitam dengan nuansa Islami, jadi yang paling menarik.

Beragam karpet indah dipajang saat Iran Nowruz Festival 2022, di Perpustakaan Nasional, Jakarta. (Foto Paul Yoanda/RM) 

Baca juga : Orleans Masters, 3 Ganda Campuran Indonesia Melaju Babak 16 besar

Masih di ruangan yang sama, keramik-keramik dengan motif dan bentuk indah, dipajang di dalam etalase. Bentuknya macam-macam. Bulat hingga yang berbentuk cawan. Karena keindahannya, benda-benda itu jadi sasaran foto para pengunjung yang datang ke pameran.

Dua level di bawahnya, lantai 2, di ruang teater, Kedubes Iran menggelar pemutaran film. Total, ada tiga film bertema sosial. Masing-masing satu film per hari. Film-film itu menceritakan kehidupan warga di Iran. Ajang pameran dan pemutaran film yang jadi bagian Iran Nowruz Festival 2022.

Adsense

Baca juga : Dikawal KADIN, Jepang Perluas Bisnis Ke Indonesia

Dubes Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad sumringah membuka pameran tersebut. Dia bilang, saat Nowruz setiap orang memikirkan apa saja yang telah dilakukan selama setahun.

"Kita berpikir, kelemahan apa saja yang kita miliki, dan kekuatan yang kita jalankan selama satu tahun. Kita review semuanya," ujar Mohammed Azad dalam pembukaan Iran Nowruz Festival 2022, Senin (28/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense