Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Puan Ajak Delegasi IPU Tiru Indonesia Rawat Kebhinekaan

Minggu, 20 Maret 2022 17:08 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (di podium) membuka rangkain IPU, Forum of Women Parliamentarians, Minggu (20/3). (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPR Puan Maharani (di podium) membuka rangkain IPU, Forum of Women Parliamentarians, Minggu (20/3). (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani berharap Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre (BICC), The Westin, Nusa Dua, Bali, pada 20-24 Maret menelurkan langkah konkret untuk urusan perdamaian dunia.

"Faktor keamanan memegang peranan sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan event akbar dunia. Saat ini mata dunia tertuju pada kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali," kata Puan, saat membuka rangkain IPU, Forum of Women Parliamentarians, Minggu (20/3).

Baca juga : Dubes RI Dorong Penguatan Kerja Sama Pekerja Terampil Indonesia Di Jepang

Dia menekankan kepada delegasi IPU, deklarasi dan solusi yang diputuskan dalam hajatan akbar parlemen dunia itu bisa dibawa ke negaranya masing-masing. "Kedamaian di dalam ruang sidang harus diimbangi dengan adanya kedamaian di luar ruang sidang," ujar Ketua DPP PDIP itu.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan toleransi. Bhinneka Tunggal Ika menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia. "Hal ini tentu saja menjadi contoh bagi negara lain, bagaimana Indonesia dapat merawat kebhinekaan dalam satu kesatuan," ucapnya.

Baca juga : Bangun Hunian Di IKN, PUPR Merapat Ke Sinarmas Land

"Dengan menjaga dan menerapkan saling menghargai dan saling menghormati antarnegara di dalam ruang sidang, maka dapat mengangkat nama baik Indonesia di mata dunia," tambah dia.

Sebelumnya, Puan sempat mengungkapkan akan mengarahkan berbagai isu global yang sangat krusial di Sidang IPU ke-144. “Indonesia dapat menunjukkan kepemimpinan nya dalam mencari solusi dari permasalah global yang dihadapi saat ini, seperti masalah pandemi, perubahan iklim, dan perdamaian,” bebernya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.