BREAKING NEWS
 

Malaysia Menunggu Hasil Pemilu, Partisipasi Pemilih Capai Rekor

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Sabtu, 19 November 2022 20:56 WIB
Caretaker Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengantre untuk memberikan suara dalam Pemilu ke-15 Malaysia di Bera, Pahang, Malaysia, Sabtu, 19 November 2022. (Foto Reuters/Lai Seng Sin Sin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malaysia tengah menunggu hasil Pemilu ke-15, Sabtu, 19 November 2022. Komisi Pemilu yang disebut dengan Suruhanjaya Pilihan Raya Malaysia (SPRM) menyebut, hasil sementara menunjukkan 70% warga atau 14 juta dari 21 juta pemilih (termasuk 6,23 juta pemilih baru) menggunakan hak suara mereka dalam pemilihan anggota parlemen.

Jumlah tersebut merupakan rekor sepanjang sejarah pemilu di negeri jiran itu. Angka tersebut 2,5 juta lebih banyak dibanding jumlah pemilih sebelumnya pada 2018.

Baca juga : Hari ini, Christian Siap Hadapi Pebulutangkis Jepang

Peningkatan jumlah pemilih dikarenakan adanya sistem pendaftaran otomatis bagi warga yang memenuhi syarat. Selain itu, karena usia memilih diturunkan dari 21 menjadi 18 tahun untuk pertama kalinya. Ada 1,4 juta pemilih golongan usia 18-20, yang dikenal dengan sebutan Undi18.

Pengamat politik dari Universitas Teknologi Mara, Mujibu Abdul Muis, mengatakan pemilu kali ini amat tenang tapi sambutannya hangat.

Baca juga : Yarindo Mengaku Tak Pernah Kompromi Pada Kualitas Bahan Baku

"Persentase pemilih sejauh ini dilihat meningkat berbanding pemilu lalu. Tetapi saingan blok Pakatan sekarang dua yang dominan, mungkin menjadikan tidak ada partai yang akan sampai ke angka 112," jelasnya kepada BBC News Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense