Dark/Light Mode

Lestari: Menangkan Persaingan Global, Perkuat Kemandirian Bangsa

Selasa, 1 November 2022 08:41 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya membangun kemandirian bangsa harus diperkuat dengan dukungan kebijakan yang strategis agar mampu menghadapi persaingan global. Kebijakan yang dihasilkan para pemangku kepentingan harus konsisten berlandaskan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki.

"Survei yang menunjukkan mayoritas masyarakat kita menolak intervensi asing dalam setiap kebijakan nasional itu sangat membanggakan. Itu artinya semangat kemandirian kita tinggi, sebagai modal untuk menghadapi persaingan global," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/11).

Berdasarkan riset Pusat Kajian Hukum dan Pancasila Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 90 persen masyarakat Indonesia menolak adanya intervensi asing terhadap kebijakan-kebijakan nasional.

Baca juga : Perdagangan Karbon Nggak Ribet Dan Menguntungkan..

Survei itu dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Pancasila, melalui jajak pendapat secara daring terhadap 1.000 responden. Berdasarkan survei juga ditemukan 62 persen responden menganggap pemerintah masih berpegang pada Pancasila sebagai dasar pembuatan kebijakan, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam.

Menurut Lestari, fakta tersebut harus terus ditingkatkan sebagai modal anak bangsa dalam menghadapi beragam bentuk persaingan di tingkat global.

Nilai-nilai nasionalisme, persatuan dan kemandirian, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus benar-benar ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat luas untuk meningkatkan daya saing dan daya tahan bangsa ini.

Baca juga : Wapres Bahas Peningkatan Kerja Sama Dengan Dubes Emirat Arab di Istana

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, berharap nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat konsisten ditanamkan sejak dini lewat keluarga, komunitas masyarakat, maupun institusi pendidikan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membangun optimisme yang kuat dalam menghadapi potensi ancaman krisis global.

Menurut Rerie, momentum meningkatnya semangat kemandirian dan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendiri bangsa, harus terus dilestarikan sebagai pedoman bangsa ini dalam menjawab setiap tantangan yang dihadapi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.