Dark/Light Mode

PAN Wacanakan Duet Ganjar-Emil

Partai Beringin Pilih Bersikap Teduh

Rabu, 2 November 2022 07:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kanan) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo (kanan) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar mengaku tak tergoda dengan manuver politik Partai Amanat Nasional (PAN), yang mewacanakan duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024. Partai Beringin, konsisten menjagokan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto.

“Bagi Golkar, hanya ada satu nama. Pak Airlangga Hartarto,” ujar Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Putra mantan Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono ini mengungkapkan, Airlangga punya kredibilitas yang mum­puni dan Golkar telah bulat mencapreskannya berdasarkan Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2019.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Bina Petani Kalbar Dan Beri Bantuan Alat Pertanian

Selain itu, Partai Golkar berniat akan melanjutkan kebijakan baik yang dicanangkan Presiden Jokowi selama dua periode kepemimpinannya. Di barisan Pemerintahan, Airlangga dipercaya sebagai Menko Perekonomian. Salah satu punggawa utama mendongkrak ekonomi seusai pandemi.

“Dan Presiden pun mengakui kemampuan beliau memimpin itu sudah amat layak,” katanya mengingatkan kembali pesan Jokowi saat berpidato di HUT Partai Golkar belum lama ini.

Meski begitu, Dave meyakini, wacana ini merupakan dinamika yang baik di internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Di mana, baik Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berupaya mencari yang terbaik di antara yang baik untuk memimpin Indonesia ke depan.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Peringatan Maulid Nabi di Bogor

Hal senada disampaikan Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily. Partainya, akan memprioritaskan kader menjadi jagoan di Pilpres 2024. Tidak hanya dari Golkar, mungkin kader lain dari PAN dan PPP.

Dijelaskan, Ganjar-Emil bukanlah kader partai KIB. Ganjar, merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Ridwan Kamil termasuk tokoh nonparpol. Sekalipun, belakangan Emil digadang-gadang intens berkomunikasi dengan Beringin.

Ace menjelaskan, usulan mengusung kader internal juga telah disampaikan dalam pertemuan internal KIB. Adapun dalam konsolidasi internal Partai Golkar yang digelar pekan lalu, Ace mengatakan keputusan ini juga disepakati oleh PAN maupun PPP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.