BREAKING NEWS
 

Tewasnya Jenderal Qasem Soleimani

Kedubes Iran Di Jakarta Kutuk Dan Janji Balas Serangan AS

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Senin, 6 Januari 2020 18:42 WIB
Ribuan orang mengiringi jenazah Qasem Soleimani di jalanan kota Ahvaz. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkaitan dengan serangan Amerika Serikat pada Jumat (3/1 2020) di Irak terhadap Mayor Jenderal Qasem Soleimani, Komandan Brigade Quds IRCG, dan petinggi militer Irak, wakil komandan Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis, Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta menyampaikan belasungkawa.

"Kami mengutuk aksi Amerika Serikat terhadap Mayjen Qasem Soleimani yang merupakan simbol dan pahlawan anti terorisme dan radikalisme di kawasan Timur Tengah. Jasa, pengorbanan, keberanian dan keahlian Mayjen Soleimani dalam memerangi ISIS di Suriah dan Irak merupakan bagian dari sejarah yang tak akan terlupakan," pernyataam Kedubes Iran, kemarin. 

Baca juga : Siapa Qassem Soleimani? Kenapa Dia Jadi Target AS?

Menurut Kedubes Iran, tindakan tersebut  adalah serangan teror terhadap pejabat resmi Republik Islam Iran dan merupakan bentuk nyata dari aksi terorisme yang berbasis pemerintahan/terorisme negara.

Adsense

"Tindakan biadab ini juga adalah pelanggaran yang luas terhadap berbagai peraturan internasional dan piagam PBB," pernyataan Kedubes Iran lagi.

Baca juga : Munas Seknas Jokowi, Ketua DKI Jakarta Siap Bertarung

Berdasarkan pernyataan pejabat tinggi Irak, pasukan asing (pasukan AS) melakukan aksi terhadap Soleimani saat berkunjung ke Bagdad sebagai tamu resmi negara sehingga  serangan itu adalah sebuah pelanggaran kedaulatan negara Irak. 

Kedubes Iran juga menuding serangan tersebut dilakukan AS atas konsultasi dan provokasi Rezim Zionis Israel. 

Baca juga : Massa Demo di Depan Gedung DPR Membludak, TransJakarta Hentikan 2 Rute Jurusan Palmerah

Kedubes Iran juga menyebut serangan AS itu teror yang bertentangan dengan komitmen internasional AS dalam memerangi terorisme, karena AS melawan orang-orang dan pihak-pihak yang berperang dengan kelompok teroris. 

Iran menekankan, akan mengerahkan seluruh kapasitas politik, hukum dan internasionalnya untuk membalas serangan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense