BREAKING NEWS
 

IIIF 2020

Di Tengah Cengkraman Covid-19, KBRI Prancis Gencar Promosi Investasi

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Rabu, 1 Juli 2020 11:04 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir mengajak pengusaha Prancis memanfaatkan peluang pasar Tanah Air (Foto KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kita dituntut untuk keluar dari zona nyaman serta lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan memanfaatkan peluang usaha baru. untuk itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris bersama MEDEF Internasional Prancis, melakukan promosi investasi pada Senin (30/6), guna menarik investasi asing dari Prancis ke Indonesia.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir, pandemi Covid-19 telah mengubah hidup secara total.

“Tuntutan ini sejalan dengan tujuan acara ini, untuk mengajak komunitas pengusaha Prancis keluar dari zona nyaman pasar mereka, kreatif dan inovatif dalam menangkap dan manfaatkan peluang pasar di Indonesia,” sebut Duta Besar Arrmanatha Nasir, dalam sambutannya pada Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) yang berlangsung secara daring.

Baca juga : PLN Genjot Pembangunan Transmisi Di Kalimantan Barat

Acara tersebut dihadiri 76 pengusaha Prancis. Hadir juga sebagai pembicara dalam IIIF kali ini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Adsense

Menurut Dubes yang disapa Tata, walaupun kondisi dalam cengkraman Covid-19, semangat kerja sama Indonesia dan Prancis tetap kuat. Saat ini kedua negara sedang memfinalisasi kesepakatan Defense Cooopertion Agreement, dan Plan of Action untuk merevitalisasi kerja sama strategis Indonesia-Prancis.

Lebih lanjut, kata Tata, kedua perjanjian direncanakan untuk di tanda tangani pada paruh kedua 2020. “Dengan fokus untuk mendorong kerja sama di bidang ekonomi, diharapkan perjanjian tersebut dapat membuka peluang kerja sama yang lebih besar bagi komunitas bisnis Prancis dan Indonesia,” tuturnya.

Baca juga : Swiss dan Jerman Mantap, Indonesia Peringkat 97

Semangat kerja sama Indonesia-Prancis selama pandemi Covid-19 juga dapat dilihat dari kerja sama AFD (Badan Pembangunan Prancis) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).yang menandatangani kerja sama senilai 150 juta Euro untuk proyek infrastruktur hijau dan pembangunan infrastruktur kesehatan.

AFD juga telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia senilai 300 juta Euro untuk mendukung mitigasi dampak Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Selain itu, beberapa perusahaan Prancis seperti Decathlon, L’Oréal dan Michelin juga aktif mendukung upaya mitigasi Covid-19 di Indonesia, bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19.

Kerja sama kedua negara yang terus berkembang pada saat pandemi merupakan refleksi hubungan bilateral yang semakin matang. Pada 2020, Indonesia-Prancis merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

Baca juga : PLN Kalbar Dorong Pertumbuhan Dunia Usaha

Indonesia memberikan peluang yang besar bagi perusahaan Prancis untuk berbisnis di Indonesia, khususnya untuk di sektor prioritas seperti energi, transportasi, maritim dan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) [MEL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense