Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandemi Covid-19, KBRI Amman Gelar Lomba Dakwah dan MTQ Online

Rabu, 20 Mei 2020 01:53 WIB
Pandemi Covid-19, KBRI Amman Gelar Lomba Dakwah dan MTQ Online

RM.id  Rakyat Merdeka - Adanya wabah Covid-19 di Yordania tidak menyurutkan peran Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Amman untuk menggelar Lomba Dakwah dan MTQ Online.

Semenjak diberlakukannya status lockdown atau karantina wilayah kegiatan kemasyarakatan selama bulan Ramadan, seperti buka bersama, pengajian, dan sholat tarawih, praktis tidak dapat dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu perlu dicari langkah-langkah terobosan dalam mengisi bulan Ramadhan di tengah situasi yang penuh dengan keterbatasan.

Lomba Dakwah dan MTQ Online bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia diselenggarakan mulai 15-18 Mei 2020. Diikuti lebih dari 40 peserta. Acara dapat disaksikan melalui channel Youtube KBRI Amman.

Baca juga : Perangi Covid-19, Tito Ingatkan Jangan Saling Salahkan

 

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Yordania merangkap Palestina Andy Rachmianto menyampaikan, “Kegiatan lomba dakwah dan MTQ online bertujuan mendorong semangat para pelajar Indonesia untuk terus mengasah ilmu agama, sehingga Indonesia akan memiliki talenta-talenta baru di bidang dakwah dan tilawah Al-Quran yang merupakan alumnus perguruan tinggi Yordania.”

Pada Lomba Dakwah, KBRI Amman menetapkan sejumlah topik pilihan yang berkaitan dengan kondisi umat Islam di tengah krisis Covid-19. Penilaian dewan juri dititikberatkan pada keterampilan berdakwah para peserta dalam menerapkan nilai-nilai Islam moderat pada topik-topik yang dibawakan.

Baca juga : Atasi Covid-19, Sinarmas MSIG Life Gelar Baksos di 11 Kota

Sedangkan untuk lomba MTQ difokuskan pada kategori ‘Tartil’ yang menekankan ketepatan aturan membaca (tajwjid), pelafalan huruf (makharijul huruf), kejelasan (fashahah), irama dan adab. 

Andy menambahkan, “Pandemi Covid-19 memberi peluang bagi kita untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengisi bulan Ramadhan tahun ini. Keberhasilan penyelenggaraan Lomba Dakwah dan MTQ online KBRI Amman menunjukkan, masyarakat Indonesia di Yordania sudah semakin terbiasa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan.”

Penyelenggaraan Lomba Dakwah dan MTQ online dipandang sangat relevan diselenggarakan di Yordania. Selain menjadi alternatif kegiatan Ramadhan KBRI Amman di tengah wabah Covid-19, kegiatan ini

Baca juga : Penyebab Klaster Baru Covid-19 di Pademangan Barat, Jamaah Tabligh Tidak Isolasi

Sebanyak 180 pelajar dan mahasiswa Indonesia saat ini tengah menempuh studi di Yordania yang umumnya mengambil program Ilmu Agama Islam, seperti Fikih dan Syariah, dan Bahasa Arab.

Selain itu, KBRI Amman bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) dan Pengurus Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM), juga menyelenggarakan kegiatan ceramah dan kuliah online selama bulan Ramadhan dengan menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Prof. Dr. Said Agil Husein Al-Munawar, Dr. KH. Ashin Sakho Muhammad, MA, Ust. Fahmi Salim Zubair Lc.MA, dan Ust. Yusuf Manshur. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.