BREAKING NEWS
 

KBRI Canberra dan PPIA Luncurkan Buku `Mewujudkan Indonesia 4.0`

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Sabtu, 5 September 2020 22:29 WIB
Peluncuran buku ”Mewujudkan Indonesia 4.0 -Kumpulan Pelajar Indonesia di Australia” di Balai Kartini, KBRI Canberra. [Foto: KBRI Canberra]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah buku berjudul "Mewujudkan Indonesia 4.0 -Kumpulan Pelajar Indonesia di Australia" diluncurkan di KBRI Canberra.

Acara ini merupakan kerjasama antara KBRI Canberra dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA). Buku ini sendiri berisi bunga rampai pemikiran para cendekiawan muda Indonesia yang belajar di berbagai universitas di Australia.

Dalam peluncuran buku ini, KBRI Canberra dan PPIA juga berkolaborasi dengan Sobat Cyber Indonesia (SCI).

Baca juga : Mantap, Puluhan Perusahaan Taiwan Mau Masuk Ke Indonesia

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D yang hadir secara virtual melalui media Zoom dari Jakarta, sebagai pembicara kunci, menyampaikan peluang dan tantangan Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Sementara Duta Besar RI untuk Australia merangkap Vanuatu, Y Kristiarto S Legowo menyampaikan apresiasinya kepada para cendekiawan muda Indonesia di Australia, atas sumbangsih nyata mereka kepada bangsa dan negara.

Adsense

"Peluncuran buku ini merupakan bukti nyata para pelajar Indonesia di Australia, bisa tetap aktif, kreatif, dan inovatif, meski di tengah situasi sulit pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca juga : Taniversary Apresiasi Petani dan Pertanian Indonesia

Setelah sesi peluncuran buku secara formal usai, sesi dilanjutkan dengan pemaparan oleh para pembicara Prof. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), yang juga sebagai penulis kata pengantar buku ini. Dilanjutkan Prof. Dr. Rina Indiastuti, Rektor Universitas Padjadjaran, yang menyampaikan paparan mengenai perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.

Acara peluncuran buku yang dilangsungkan di KBRI Canberra, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pemerintah Australia ini, dihadiri oleh sekitar 25 peserta yang terdiri dari para editor, kontributor, jajaran pejabat KBRI Canberra, serta perwakilan dari PPIA.

Ketua editor yang juga mahasiswa S3 di Australian National University (ANU), Denny Irawan menyatakan, para mahasiswa Indonesia di Australia merasa bangga, karena dapat menyumbangkan buah pemikiran.

Baca juga : Anggota MPR Paling Senior: Kita Rukun, Indonesia Kuat

Proses penulisan buku ini, ungkapnya, memakan waktu selama satu tahun. “Ini berbuah manis. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, hingga buku ini diluncurkan. Setelah peluncuran hari ini, akan ada serial tujuh kali bedah buku ini secara virtual. Masing-masing menghadirkan narasumber antara lain para menteri dan pakar terkemuka pada bidangnya,” ujar Denny.

Buku "Mewujudkan Indonesia 4.0" ini, ditulis oleh 34 penulis, terdiri dari 300 halaman. Dibagi menjadi tujuh bab, secara komprehensif membahas Ekonomi, Industri dan Investasi (I), Teknologi dan Inovasi (II), Sumber Daya dan Sosial (III), Hukum, Institusi dan Kebijakan (IV), Aspek Keberlanjutan dan Energi (V), Infrastruktur (VI) dan Kesehatan (VII).

Secara fisik, buku telah dipasarkan di tanah air melalui penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense