BREAKING NEWS
 

Pecah Rekor 2.094.955 Hektar Terbakar, Gubernur California Terapkan Status Darurat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 7 September 2020 23:12 WIB
Creek Fire di Pegunungan Sierra Nevada, yang menghanguskan areal seluas 45.500 hektar. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur California, AS Gavin Newsom menetapkan status darurat di lima wilayah yang dipimpinnya, menyusul meluasnya kebakaran hutan yang terjadi hampir di seluruh negara bagian itu.

Kebakaran hutan ini mencatatkan rekor suhu panas dan luasnya areal wilayah yang hangus.

Baca juga : Pameran Virtual UMKM Terbesar, Pertamina Hadirkan Ratusan Mitra Binaan

Status darurat tersebut diterapkan di tiga wilayah yang dilanda Creek Fire: Fresno, Madera, dan Mariposa. Di samping San Bernardino yang dilanda El Dorado Fire, dan San Diego yang dilahap Valley Fire.

Hal ini disampaikan Kantor Layanan Darurat California (Cal OES), Minggu (6/9), seperti dikutip CNN.

Baca juga : Kedubes Singapura Kebanjiran Ucapan Selamat HUT Dari Petinggi Daerah

Ratusan Orang Diselamatkan

Suhu tinggi dan udara kering, memicu kebakaran besar pada Sabtu (5/9) malam. Api pertama kali terlihat di lokasi perkemahan, Mammoth Pool Reservoir, Maderas.

Baca juga : Mulai Besok, Gubernur Papua Tutup Akses Orang Sementara

"Lebih dari 200 orang yang tengah berlibur di lokasi perkemahan tersebut, diselamatkan dengan menggunakan Helikopter Chinook dan Blackhawk. Operasi penyelamatan yang dimulai Sabtu (5/9) malam itu, baru selesai sekitar Minggu (6/9) pukul 01.30 dini hari," ungkap Cpl. David Hall, petugas California National Guard.

Adsense

"Pada tahap kedua penyamatan, para petugas berupaya untuk mengevakuasi semua orang, mengamankan apa yang dapat diselamatkan, hingga kemudian semua orang akhirnya duduk di lantai," tutur David Hall.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense