Dark/Light Mode

Wabah Corona

Sabtu Besok, Spanyol Tetapkan Status Darurat Nasional

Jumat, 13 Maret 2020 23:26 WIB
PM Spanyol Pedro Sanchez (Foto: Europa Press)
PM Spanyol Pedro Sanchez (Foto: Europa Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam 15 hari ke depan, Spanyol dipastikan menyandang status darurat nasional wabah Corona, Jumat (13/3). Status tersebut diberlakukan, untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah tersebut.

Hal itu dikatakan Perdana Menteri (PM) Spanyol, Pedro Sanchez, Jumat (13/3).

Baca juga : Bos WHO Minta Indonesia Segera Tetapkan Status Darurat Nasional Wabah Corona

"Secara resmi, penetapan status darurat nasional ini akan diputuskan dalam pertemuan kabinet, Sabtu (14/3) besok. Status darurat nasional ini akan menguatkan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih luas. Sehingga, kami dapat mengakses berbagai tempat publik seperti pabrik atau lainnya. Kecuali, rumah pribadi," jelas Sanchez seperti dikutip Reuters, Jumat (13/3).

"Pemerintah Spanyol akan melindungi semua warganya, dan menjamin kondisi hidup yang layak untuk menekan laju pandemi. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalkan ketidaknyamanan," imbuhnya, tanpa menjelaskan langkah-langkah seperti apa yang akan ditempuh Spanyol, untuk mengendalikan laju virus Corona.

Baca juga : Cegah Corona, Jokowi Pantau Sterilisasi Masjid Istiqlal

Yang pasti, seluruh sekolah di Spanyol saat ini telah ditutup. Begitu pula bioskop dan taman bermain.

Sejumlah pembatasan pun telah dilakukan Spanyol, antara lain pembatasan perjalanan Spanyol-Italia dan penangguhan kompetisi sepakbola non profesional selama dua pekan.

Baca juga : Ketua BKSP DPD Minta Masyarakat Nggak Panik

Spanyol yang mencatat lebih dari 4.200 kasus infeksi dan 120 angka kematian, adalah negara Eropa yang paling terdampak Corona, setelah Italia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.