BREAKING NEWS
 

Debat Capres AS Perdana Kacau

Trump Vs Biden Saling Maki dan Interupsi

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Rabu, 30 September 2020 12:03 WIB
Donald Trump Vs Joe Biden [Foto: Agence France-Presse]

RM.id  Rakyat Merdeka - Debat perdana calon presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Joe Biden diisi saling ejek dan menyinggung urusan pribadi selama kurang lebih 20 menit.

Netizen pun menyebut debat capres kali ini sebagai debat terburuk dalam sejarah. Diberitakan CNN, Rabu (30/9), Trump berulang kali menyerang dan menyela, ketika Biden berusaha menjawab pertanyaan dari moderator.

Gaya menyela Trump itu sempat membuat Biden kehilangan poin-poin penting di awal debat. Biden bahkan sempat keki dan membentak Trump untuk tutup mulut. "Donald, bisa diam dulu sebentar, nggak?" bentak Biden, karena omongannya terus disela Trump di menit ke-18. Trump bahkan sempat menyerang moderator debat, Chris Wallace dari Fox News.

Fox News mengamati Trump terus-menerus menyela hampir setiap jawaban Biden mengenai topik Mahkamah Agung dan rencana penanganan masalah kesehatan AS, serta bantahan Biden terhadap tanggapan Trump mengenai hal tersebut.

Baca juga : Biden ke Trump: Bisa Diam Nggak!

Interupsi yang terus-menerus dilakukan Trump, membuat ruang debat untuk menggali perbedaan kebijakan antara kedua calon presiden menjadi tidak berjalan dengan lancar.

"Ini debat atau bullying?" celoteh Evan Jenkins, di akun Twitter-nya.

Adsense

"Biarkan Pak Tua Joe bicara dulu, Pak Pirang," kicau Amanda Bynes di media sosialnya.

Trump mengabaikan Biden dan terus menyerang Wallace yang sedang mencoba melerai adu mulut tersebut.

Baca juga : Jelang Debat Perdana, Biden Unggul di Swing States

"Terus saja ngoceh, Bung. Orang-orang tahu, omonganmu itu bohong," kata Biden.

"Orang-orang tahu, Joe. Selama 47 tahun, Anda tidak melakukan apa-apa," Trump membalas.

Debat calon presiden AS kali ini diselenggarakan di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, pada Selasa (29/9) pukul 21.00 malam waktu setempat atau Rabu (30/9) pagi pukul 08.00 WIB.

Setidaknya ada enam topik bahasan, mulai dari rekam jejak kedua kandidat, posisi Mahkamah Agung AS, masalah pandemi corona, kesetaraan ras, perbaikan ekonomi, dan integritas pemilu di masyarakat.

Baca juga : Pilpres AS Makin Dekat, Isu Trump Ngemplang Pajak Makin Kenceng

Namun dikutip dari CNBC International, setidaknya ada tiga isu penting yang disoroti pemilih, yakni pandemi, kesetaraan ras, dan perbaikan ekonomi. Setiap segmen berlangsung sekitar 15 menit, dan para kandidat memiliki waktu dua menit untuk menjawab setelah moderator Wallace membuka setiap segmen dengan sebuah pertanyaan. DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense