BREAKING NEWS
 

Kembali Darurat Corona

Singapura, Pelajarilah Indonesia

Reporter & Editor :
APRIANTO
Selasa, 28 September 2021 08:05 WIB
Kasus Corona di Singapura melonjak. (Foto: Getty Images)

 Sebelumnya 
Kondisi yang menimpa Singapura sama seperti yang dialami Indonesia pada Juli lalu saat varian Delta menyerang. Namun, kini kondisi Indonesia sudah mulai membaik. Kasusnya terus menurun.

Berdasarkan data Satgas Coovid-19, per Senin (27/9) hanya terjadi 1.390 penambahan kasus dari 151.966 orang yang diperiksa. Angka ini lebih rendah dari kasus Corona di Singapura.

Sedangkan angka kematian mencapai 118 orang. Adapun pasien yang sembuh mencapai 3.771 orang. Pemerintah juga melaporkan angka kasus aktif menurun 2.499 menjadi 40.270 orang. Sedangkan 388.341 orang dinyatakan sebagai suspek corona.

Baca juga : Kalahkan Singapura 2-1, Timnas Wanita Indonesia Lolos Ke Final

Salah satu cara yang dilakukan Indonesia menjinakkan Corona Delta dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM. Meski sudah turun, pemerintah tetap memberlakukan PPKM per level sesuai kondisi kasus per daerahnya dan diperpajang setiap minggu.

Panglima penanganan Corona Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan, penanganan Corona di Indonesia sudah lebih baik dibanding negara-negara di Asia.

“Penanganan Covid kita lebih bagus dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korea Selatan dan Taiwan,” kata Luhut belum lama ini.

Baca juga : Jangan Sampai Pemerintah Indonesia Rugi Dua Kali

Menurut Menko Maritim dan Investasi ini, penanganan pandemi virus Corona di Indonesia merupakan hasil kerja sama semua pihak. Dia juga menyinggung sinergi antara TNI, Polri dan pemerintah daerah.

Meroketnya kasus Corona di Singapura juga menjadi sorotan epidemiolog. Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, ledakan kasus Corona di Singapura akibat pelonggaran yang terlalu cepat. Meski sebenarnya 3T mereka kuat, dan 82 persen penduduknya sudah divaksin komplit.

Keberhasilan Indonesia sebenarnya bisa dipelajari Singapura. Apa itu? Seluruh komponen masyarakat berperan aktif. Dicky menyebut pengalaman yang bisa ditularkan ke negara lain adalah semangat gotong royong.

Baca juga : Digitalisasi Sektor Keuangan Sudah Menjadi Mainstream Di Indonesia

“Indonesia berhasil melewati krisisnya, khususnya Jawa dan Bali dengan skenario terburuknya tidak terjadi. Dengan PPKM leveling relatif kuat, meski bukan lockdown,” ujar Dicky, tadi malam. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense