BREAKING NEWS
 

Dubes Roem Kono Ajak Diaspora Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Kamis, 21 Oktober 2021 07:59 WIB
Dubes Indonesia Untuk Bosnia Dan Herzegovina Roem Kono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono mendorong peran aktif diaspora Indonesia untuk meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara.

Dalam diskusi berjudul Diaspora sebagai Penunjang Ekonomi Nasional yang berlangsung secara virtual, Selasa (19/10), Dubes Roem Kono mengatakan, peran diaspora penting untuk membantu mempromosikan Indonesia beserta produk-produknya.

Baca juga : Pebisnis Indonesia-China Bahas Kerja Sama Digital, Industri Kesehatan Dan Ekonomi Hijau

“Diaspora jadi agen pemasar potensial produk Indonesia di seluruh dunia,” ujarnya dalam keterangan resmi, kemarin.

Selain itu, lanjut Roem, diaspora Indonesia dapat membantu upaya Pemerintah dalam mengeksplorasi pasar internasional untuk pengembangan bisnis. Apalagi, ia menilai, dalam hal pemasaran dan dukungan Pemerintah untuk pengembangan perdagangan internasional, Indonesia masih tertinggal dibanding China, Vietnam dan Thailand.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital ASEAN, Indonesia Tekankan 4 Pandangan

“Kelemahan kita adalah kurangnya dukungan sarana prasarana dan promosi. Ini perlu pengaturan yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Peran diaspora dalam kerja sama ekonomi internasional juga ditegaskan CEO 4848 Group, Dadan Irawan Sarpingi, yang menjadi pembicara dalam diskusi tersebut.

Adsense

Baca juga : Respon WADA, Menpora Bentuk Tim Investigasi Dan Pencabutan Sanksi

Dia menyampaikan, peran diaspora terbagi menjadi tiga. Yakni sebagai penunjang eks por, pemasok kebutuhan dalam negeri, dan penunjang investasi.

“Tentu saja diaspora juga berperan penting karena mereka lebih mengenal pasar (di negara setempat),” kata Dadan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense