Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

JK Resmikan Dua Juta Vaksinasi Bagi Indonesia Sehat Di Sleman

Sabtu, 9 Oktober 2021 15:41 WIB
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meresmikan dua juta vaksinasi bagi Indonesia sehat di Pendopo Parasamnya, Kabupaten Sleman.

Peresmian vaksinasi ini juga dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo serta Ketua PMI Daerah Istimewa Yogyakarta GBPH Prabukusumo

Seusai peresmian, Jusuf Kalla yang akrab disapa JK kemudian melakukan peninjauan vaksin di Gedung Kaca, Kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman.

Menurut JK, vaksinasi merupakan upaya efektif untuk mencapai kekebalan imunitas  untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Penerbangan Internasional Dibuka, Presiden Minta Vaksinasi Di Bali Digenjot

JK juga mengatakan, pentingnya upaya vaksinasi ini agar kondisi kesehatan masyarakat pulih dan menggerakkan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

"Dua juta vaksin ini kita usahakan sebulan selesai," kata JK dikutip Antara

Dalam kesempatan tersebut, Eks Wapres SBY ini mendorong PMI seluruh Indonesia di semua tingkatan, baik dari PMI provinsi, kabupaten/kota, sampai kecamatan bersama fasilitas kesehatan PMI (Rumah Sakit, Klinik dan Unit Donor Darah/UDD PMI) bergerak secara simultan untuk melaksanakan vaksinasi.

"Kabupaten Sleman dipilih sebagai pembukaan pusat kegiatan vaksin karena dinilai siap," kata JK.

Baca juga : Menpora Yakin Papua Bakal Jadi Provinsi Olahraga Di Indonesia

Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial, PMI Pusat, Fachmi Idris menambahkan, melalui inisiatif dan kolaborasi lokal saat ini, PMI telah menjangkau 857.206 orang di seluruh Indonesia.

"PMI sebagai mitra Pemerintah tentu ingin berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat Indonesia, dengan alokasi khusus dari Kementerian Kesehatan sebanyak dua juta vaksin," kata Fachmi.

Ia mengatakan, untuk mendukung alokasi khusus ini, PMI bekerja sama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, melatih 2.356 tenaga vaksinator PMI di seluruh Indonesia.

Sementara Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi peresmian Program Nasional Sentra Vaksinasi Covid-19. 

Baca juga : Jepang Mau Kembangkan Teknologi Hutan Berkelanjutan Di Indonesia

Menurut dia, penyelesaian pandemi Covid-19 ini tidak dapat dilakukan sendirian oleh Pemerintah dan dilakukan secara parsial. Namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kolaboratif.

"Jika vaksinasi hanya mengandalkan fasilitas pelayanan kesehatan maupun puskesmas saja, maka akan sulit mengejar terbentuknya kekebalan komunal atau 'herd immunity' sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," katanya. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.