BREAKING NEWS
 

Foto Bersama Di KTT G20, Jokowi Di Depan Angela Merkel Dan PM Modi

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Minggu, 31 Oktober 2021 16:53 WIB
Presiden Joko Widodo berfoto bersama keluarga G20 di La Nuvola, Roma, Italia, pada Sabtu, 30 Oktober 2021. (Foto g20.org)

 Sebelumnya 
Indonesia telah menjadi anggota pertemuan Forum G20 sejak awal terbentuknya yaitu di 1999. Dikutip dari ekon.go.id, pada 2008 menjadi kali pertama Presiden Indonesia diundang pada KTT G20 di Amerika Serikat. Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20.

Pertemuan yang diselenggarakan G20 terdiri dari dua jalur, yaitu Finance Track yang membahas isu-isu di bidang ekonomi, keuangan, fiskal dan moneter. Serta Sherpa Track yang membicarakan isu-isu ekonomi non keuangan, seperti energi, pembangunan, pariwisata, ekonomi digital, pendidikan, tenaga kerja, pertanian, perdagangan, investasi, industri, kesehatan, anti korupsi, lingkungan, dan perubahan iklim.

Baca juga : Jokowi Dapat Wanginya

Meski G20 tidak memiliki sekretariat secara permanen, G20 memiliki tuan rumah (Presidensi) yang ditetapkan secara konsensus pada KTT berdasarkan sistem rotasi kawasan dan berganti setiap tahunnya. Guna memastikan seluruh pertemuan G20 dapat berlangsung lancar dan berkesinambungan setiap tahun, Presidensi tahun berjalan beserta Presidensi sebelum dan Presidensi selanjutnya (secara kolektif disebut Troika) secara intensif melakukan koordinasi terhadap keseluruhan agenda prioritas G20.

G20 merupakan forum 19 negara dan sebuah organisasi regional (Uni Eropa) yang mewakili 85% GDP dunia, 75% perdagangan dunia, 80% investasi global, dan dua pertiga penduduk dunia. G20 memiliki kapasitas besar untuk menciptakan momentum kesepakatan multilateral. Oleh karena itu, Indonesia terus memastikan agar G20 memberikan sumbangsih konkret terhadap penanganan krisis akibat pandemi Covid-19.[MEL]

Baca juga : Jokowi Lantik 17 Dubes, Ada Fadjroel Dan Rosan

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense