Dewan Pers

Dark/Light Mode

Terima Tongkat Presidensi G20

Jokowi Dapat Wanginya

Minggu, 31 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pemimpin negara-negara G20, saat sesi foto KTT G20, di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pemimpin negara-negara G20, saat sesi foto KTT G20, di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, telah dibuka secara resmi, kemarin. Di ujung acara ini, Presiden Jokowi akan menerima tongkat estafet Presidensi G20. Artinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20, tahun depan. Indonesia makin harum di dunia. Jokowi pun ikut dapat wanginya.

Jokowi tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia, Jumat sekitar pukul 5 sore, setelah menempuh penerbangan selama hampir 13 jam. Dari sana, Jokowi langsung meluncur ke hotel tempatnya bermalam.

Berita Terkait : Tingkatan Daya Saing UMKM, Dapat Perkuat Ekonomi Indonesia

Sebelum istirahat, Jokowi lebih dulu berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sudah tiba di Italia lebih dulu. Pertemuan membahas persiapan agenda esok hari.

Maklum, agenda yang diikuti Jokowi di KTT G20 ini lumayan padat. Dari pagi sampai malam. Selain mengikuti pertemuan di KTT G20, Jokowi juga menghadiri sejumlah pertemuan bilateral.

Berita Terkait : Tiba Di Roma, Presiden Jokowi Disambut Dubes Esti Andayani

Kemarin, gelaran pertemuan kelompok yang beranggotakan 20 negara ekonomi besar itu, dibuka di La Nuvola, pukul 11 siang. Acara pembukaan ini turut disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Tampak satu per satu pemimpin negara G20 datang ke lokasi disambut Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Pemimpin negara yang pertama datang adalah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, lalu disusul Presiden Kongo, Felix Tshisekedi; Presiden Brasil, Jair Bolsonaro dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Berita Terkait : Jokowi Tegaskan Pentingnya Penguatan Kebangsaan

Jokowi datang ke lokasi di urutan tiga terakhir, setelah Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, yang hadir selaku Ketua ASEAN. Setelah Jokowi, datang Presiden Prancis, Emmanuel Macron dan ditutup Kanselir Jerman, Angela Markel. Di acara ini, Jokowi tampil necis dengan setelan jas warna abu-abu yang dikombinasikan dengan dasi berwarna biru dongker.

Setelah para pemimpin negara berkumpul, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Jokowi berdiri di posisi tengah di barisan terdepan bersama Draghi. Di sela sesi foto itu, Jokowi berbincang akrab dengan sejumlah pemimpin negara. Dalam foto yang diunggah Sri Mulyani di akun Instagramnya, Jokowi berbincang dengan PM India, Narendra Modi dan Presiden Macron.
 Selanjutnya