Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima Tongkat Presidensi G20

Jokowi Dapat Wanginya

Minggu, 31 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pemimpin negara-negara G20, saat sesi foto KTT G20, di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi bincang-bincang dengan para pemimpin negara-negara G20, saat sesi foto KTT G20, di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, telah dibuka secara resmi, kemarin. Di ujung acara ini, Presiden Jokowi akan menerima tongkat estafet Presidensi G20. Artinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20, tahun depan. Indonesia makin harum di dunia. Jokowi pun ikut dapat wanginya.

Jokowi tiba di Bandara Fiumicino, Roma, Italia, Jumat sekitar pukul 5 sore, setelah menempuh penerbangan selama hampir 13 jam. Dari sana, Jokowi langsung meluncur ke hotel tempatnya bermalam.

Baca juga : Tingkatan Daya Saing UMKM, Dapat Perkuat Ekonomi Indonesia

Sebelum istirahat, Jokowi lebih dulu berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sudah tiba di Italia lebih dulu. Pertemuan membahas persiapan agenda esok hari.

Maklum, agenda yang diikuti Jokowi di KTT G20 ini lumayan padat. Dari pagi sampai malam. Selain mengikuti pertemuan di KTT G20, Jokowi juga menghadiri sejumlah pertemuan bilateral.

Baca juga : Tiba Di Roma, Presiden Jokowi Disambut Dubes Esti Andayani

Kemarin, gelaran pertemuan kelompok yang beranggotakan 20 negara ekonomi besar itu, dibuka di La Nuvola, pukul 11 siang. Acara pembukaan ini turut disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Tampak satu per satu pemimpin negara G20 datang ke lokasi disambut Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Pemimpin negara yang pertama datang adalah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, lalu disusul Presiden Kongo, Felix Tshisekedi; Presiden Brasil, Jair Bolsonaro dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Pentingnya Penguatan Kebangsaan

Jokowi datang ke lokasi di urutan tiga terakhir, setelah Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, yang hadir selaku Ketua ASEAN. Setelah Jokowi, datang Presiden Prancis, Emmanuel Macron dan ditutup Kanselir Jerman, Angela Markel. Di acara ini, Jokowi tampil necis dengan setelan jas warna abu-abu yang dikombinasikan dengan dasi berwarna biru dongker.

Setelah para pemimpin negara berkumpul, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Jokowi berdiri di posisi tengah di barisan terdepan bersama Draghi. Di sela sesi foto itu, Jokowi berbincang akrab dengan sejumlah pemimpin negara. Dalam foto yang diunggah Sri Mulyani di akun Instagramnya, Jokowi berbincang dengan PM India, Narendra Modi dan Presiden Macron.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.