BREAKING NEWS
 

Promo Kerja Sama Pendidikan, Dubes RI Di Bangkok Rangkul Kampus Khon Kaen

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 9 November 2021 22:31 WIB
Dubes RI di Bangkok, Rachmat Budiman (kanan) bersama Presiden Universitas Khon Kaen Assoc. Prof Charnchai Panthongviriyakul di Universitas Khon Kaen. (Foto KBRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman melakukan kunjungan ke Universitas Khon Kaen dan bertemu dengan Presiden Universitas Khon Kaen, Assoc. Prof Charnchai Panthongviriyakul. Pada kesempatan itu, Dubes Rachmat berupaya mendorong kerja sama di bidang pendidikan antara Universitas Khon Kaen dan universitas di Indonesia pada 5 November 2021.

Saat ini, tercatat 68 Memorandum Saling Pengertian  antara Universitas Khon Khaen dengan perguruan tinggi di Indonesia. Kerja sama itu meliputi: pertukaran mahasiswa dan dosen, pertukaran pengalaman dan best practice serta joint research.

Kedua pihak menggarisbawahi perlunya kolaborasi aktif dan inovatif untuk mengimplementasi berbagai bidang kerja sama yang telah disepakati tersebut. Seperti penyelenggaraan Asian Academic Society International Conference (AASIC) di Thailand, speech contest dan storytelling dalam Bahasa Indonesia, serta kursus Bahasa Indonesia untuk mahasiswa Universitas Khon Kaen.

Baca juga : Nih, 3 Jurus Ampuh Jokowi Bangkitkan Ekonomi ASEAN

"Saya berharap, pengajaran Bahasa Indonesia di Universitas Khon Kaen dapat meningkat dan lebih intensif seiring dengan pertambahan minat mahasiswa untuk belajar Bahasa Indonesia," harap Dubes Rachmat. 

Adsense

"Dengan belajar Bahasa Indonesia, mahasiswa Universitas Khon Kaen juga akan dapat memahami budaya Indonesia," imbuh Dubes RI di Bangkok itu.


Menanggapinya, Presiden Universitas Khon Kaen yang didampingi para Civitas Academica menyampaikan penghargaaan atas prestasi dan sikap positif yang selalu ditunjukkan para mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen. Atas dasar itu, Prof Charnchai mengharapkan penambahan jumlah pelajar dari Indonesia untuk belajar di Universitas Khon Kaen di masa akan datang.  

Baca juga : Mendag: Perkuat Kerja Sama Ekonomi Kawasan Bangkitkan Perdagangan Global

Selanjutnya, Dubes Rachmat bersilaturahmi dengan sekitar 70 mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Khon Kaen. Kepada mahasiswa Indonesia, Dubes Rachmat berpesan agar mahasiswa Indonesia dapat meraih prestasi dan memberikan kontribusi positif bagi universitas tempat menimba ilmu.

Hal ini diyakininya akan memberikan citra positif bagi kualitas SDM Indonesia. Tentunya itu akan bisa membuka jalan bagi generasi muda Indonesia lainnya untuk memperoleh beasiswa pendidikan di Thailand.

Dalam kunjungan Dubes ke Khon Kaen, digelar juga pertandingan Sepak Bola Persahabatan antara Persatuan Mahasiswa Indonesia Thailand (Permitha) simpul Bangkok dengan Permitha simpul Khon Kaen. Pertandingan tersebut merupakan bagian rangkaian kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga : Pemerintah Diminta Persiapkan Keberangkatan Perdana Jemaah Umrah

Lebih lanjut, nantinya, KBRI Bangkok dan Universitas Khon Kaen berencana akan menyelenggarakan Festival Indonesia di Khon Kaen.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense