Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Sandi Ajak Calon Dubes Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Kamis, 9 September 2021 19:26 WIB
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) saling kolaborasi untuk membangkitkan ekonomi Indonesia.

“Selamat dan sukses untuk calon-calon Dubes kita. Mudah mudahan kita bisa saling perkuat kolaborasi ke depan demi kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Sandi dalam keterangannya, Kamis (9/9). 

Di hadapan calon Dubes, Mantan Wagub DKI Jakarta ini memaparkan berbagai strategi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), yang dapat dilakukan pascapandemi Covid-19. 

Baca juga : GMNI Harap SKB 3 Menteri Tak Jadi Dalil Diskriminasi

Salah satunya, terkait akselerasi vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability atau CHSE.

Menurutnya, kunci untuk membangkitkan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan, demi menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. 

Sebab, secara global, ungkapnya, kondisi sektor parekraf sangat terpuruk akibat pandemi.

Baca juga : Transformasi Digital UMKM, Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Karenanya, Sandi menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong pemulihan sektor parekraf. Pertama, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berbasis pada kualitas dan berkelanjutan lingkungan. “Ini yang sedang kita persiapkan secara 360 derajat,” ujarnya. 

Kedua, revitalisasi destinasi dan infrastruktur ekonomi kreatif (ekraf). Selanjutnya, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha melalui pemberian insentif, akses permodalan, sertifikasi usaha, dan CHSE. Kemudian, inovasi produk dan jasa yang lebih berkualitas serta berkearifan lokal. 

Terakhir, pemulihan dan perluasan pasar melalui program BeliKreatifLokal, Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja, serta pemasaran produk ekraf.

Baca juga : Wamenkes: 7.000 Sampel Sudah Dicek, Varian Mu Belum Masuk Indonesia

Sandi menilai, langkah ini tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dari berbagai pihak. 

"Peran aktif para calon Dubes LBBP sangat diperlukan, sehingga ekonomi dapat segera pulih dan terbuka lapangan pekerjaan," sebut menteri yang biasa di Mas Menteri itu. 

Berdasarkan data World Travel dan Tourism Council, disebutkan sekitar 174,4 juta pekerja di sektor parekraf kehilangan pekerjaan sepanjang tahun 2020. [UMM]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.