BREAKING NEWS
 

Gandeng FK UI, Kemendes PDTT Bakal Kirim Dokter Muda Ke Pelosok Desa

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Rabu, 22 September 2021 18:33 WIB
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menerima Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Ari Fahrial Syam di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (22/9). Pertemuan ini membahas rencana kerja sama untuk mengirimkan dokter muda ke pelosok desa yang minim tenaga kesehatan. (Foto: Wening/Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketersediaan tenaga kesehatan menjadi salah satu masalah pokok dalam layanan kesehatan di tingkat desa. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) pun menjajaki kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengirimkan dokter muda ke berbagai pelosok desa.

"Kami mempunyai data SDGs Desa yang memetakan wilayah-wilayah yang mengalami kekurangan tenaga kesehatan. Kami sangat berterimakasih atas kesediaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk bekerjasama dalam meningkatkan layanan Kesehatan di level desa," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan Dekan FK UI Prof Ari Fahrial Syam, di Kantor Kemendes PDTT, Kalibata, Jakarta, Rabu (22/9).

Baca juga : Penggunaan Dana Desa Berdasarkan Kebutuhan Warga Desa, Bukan Kepentingan Elite Desa

Abdul Halim mengatakan, Desa Sehat dan Sejahtera merupakan tujuan ketiga dari SDGs Desa. Nah, kesejahteraan warga desa tidak akan bisa dicapai tanpa kesehatan.

Dalam upaya mencapai kesehatan warga tersebut maka harus ada kemudahan akses terhadap layanan kesehatan. Baik dari sisi ketersediaan tenaga kesehatan, maupun fasilitas kesehatan.

"Hasil riset Kesehatan dasar, proporsi rumah tangga yang mengalami kesulitan akses kesehatan masih relatif tinggi yakni di kisaran 62,9 persen. Terdiri darikategori sulit 36,9 persen, dan kategori sangat sulit 26 persen," terangnya.

Baca juga : Gus Halim: BUMDes Mampu Bangkitkan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, menilai kerja sama dengan perguruan tinggi, seperti dengan FK UI, sangat dibutuhkan dalam mempercepat pencapaian SDGs Desa.

Menurutnya akan ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan Kemendes PDTT dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Adsense

"Menarik, tentu kita sangat berterimakasih dan ini sangat menggembirakan, kita bayangkan banyak hal yang bisa kita kerja samakan," imbuhnya.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan RPJMDes Harus Sesuai SDGs Desa

Gus Halim menjelaskan skema kerja sama yang akan dijajaki dengan FKUI tersebut. FKUI, katanya menyiapkan dokter-dokternya. Sedangkan Kemendes PDTT, menyiapkan data, desa mana saja yang membutuhkan tenaga kesehatan sesuai data SDGs Desa.

"Bayangan saya begini 2022 UI menyiapkan sekian dokter, kita punya peta juga kita punya datanya di mana saja, karena APBDES juga disiapkan," tandas Gus Halim. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense