BREAKING NEWS
 

Kemnaker Tengahi Masalah THR, Serikat Pekerja Batal Bergerak ke Kantor PLN

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Selasa, 22 Juni 2021 07:45 WIB
Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memfasilitasi pertemuan manajemen dan tenaga alih daya pada perusahaan mitra PT PLN (Persero), dalam upaya penanganan permasalahan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan.

Menurut Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri, pihaknya jauh-jauh hari mendorong kedua belah pihak membuka ruang dialog sosial dalam proses menyelesaikan permasalahan.

Baca juga : Kemnaker Gagalkan 11 Calon Pekerja Migran Ilegal ke Timteng

"Alhamdulillah sudah ada titik terang. Saat ini proses pembayaran THR telah berjalan,” kata Putri dalam keterangannya di Jakarta, Senin (21/6).

Adsense

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya telah memfasilitasi pertemuan, baik dengan manajemen PT PLN maupun perwakilan sub serikat pekerja yang ada di perusahaan plat merah itu. Tujuannya, untuk meminta keterangan dan mengumpulkan data secara lengkap mengenai permasalahan pembayaran THR.

Baca juga : Kompak, Kemnaker-Pengusaha-Asosiasi Pekerja Main Futsal

Putri menambahkan, setelah melalui beberapa kali pertemuan, kedua belah pihak telah menyatakan komitmennya untuk mencari solusi dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi. “Memang butuh waktu. Tapi kita harus kedepankan semangat dialog secara bipartit antara kedua belah pihak,” paparnya.

Sampai saat ini, lanjut Putri, pihaknya akan terus mengawal dan melakukan pendampingan terhadap proses penyelesaian permasalahan ini. Supaya pembayaran THR benar-benar dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Baca juga : Keuletan Kemnaker Fasilitasi Polemik Indomaret-Serikat Pekerja Berbuah Manis

Diketahui, rencana demonstrasi dari Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (SPEE) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) batal digelar. Alasannya, karena Kemnaker mampu memfasilitasi pertemuan antara serikat pekerja PLN dengan pihak PLN. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense