BREAKING NEWS
 

Makna Kemping Parikesit

Selasa, 15 Maret 2022 06:08 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Parikesit mengajak para penggawa dan bawahan untuk berkemah di tengah hutan. Selain menenangkan hati dan pikiran, Parikesit ingin belajar berburu di tengah hutan untuk mencari hewan koleksi kebon raja. Patih Dwara mendapat tugas mempersiapkan pesanggrahan. Sasikirana dan Sanga-sanga dua satria ditugaskan menjaga keamanan sekitar perkemahan.

Pada tengah malam, Parikesit sengaja meninggalkan perkemahan tanpa diketahui oleh para pengawal. Kepergian Parikesit untuk menguji kesaktiannya. Dalam pengembaraan tengah hutan, Parikesit bertemu beberapa brahmana sakti dan para dewa yang menyamar raksasa. Para Brahmana mengajarkan beberapa ilmu kanuragan kepada Parikesit. Sedangkan para Dewa memberikan pusaka ampuh kepada Raja Hastina.

Baca juga : Menang Kalah Jadi Abu

Selama berkelana di tengah hutan, Parikesit bukan saja mendapat ilmu kanuragan. Melainkan mendapatkan tiga istri sekaligus. Strategi perkawinan antarkerajaan sengaja dilakukan. Hal ini membuat Kerajaan Hastina semakin kuat dan disegani lawan. Sehingga musuh-musuh Hastina akan berpikir dua kali untuk melawan Parikesit.

“Parikesit cerdas dengan berkemah di hutan Mo,” celetuk Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul Tole, Parikesit menyadari dan tahu diri. Di balik kekurangannya terdapat potensi diri luar biasa,” jawab Romo Semar.

Baca juga : Pesan Aswatama Ambyar

Introspeksi diri sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang bijak tahu kekurangan dan kelebihan pada dirinya. Selain itu, seorang pemimpin tahu kapan naik dan kapan harus lengser keprabon. Kekuasaan memerlukan tanggung jawab yang besar. Selain pengabdian kepada rakyat, seorang pemimpin harus menjadi suri teladan bagi rakyatnya. Baik dalam ucapan dan tindakannya. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense