BREAKING NEWS
 

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (28)

Memelihara Persatuan Dan Kesatuan (1)

Rabu, 4 November 2020 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mempertahankan persatuan dan kesatuan sesama warga bangsa dan sesama umat merupakan suatu keniscayaan. Hal itu semuanya dimaksudkan guna menciptakan ketenan-gan dan keamanan di dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawab kemanusiaan yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia, khususnya umat Islam.

Banyak hadis yang mengisyaratkan pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan, di antaranya ialah riwayat dari Arfajah mengatakan, Aku telah mendengar Nabi bersabda: Akan ada dari ummatku (peringai) jahat, jahat, dan jahat, maka barangsiapa yang ingin memecah belah urusan orang-orang Muslim, dan mereka banyak, maka pu-kullah (bunuh) ia dengan pedang, siapa pun dia. (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 6, halaman 22).

Adsense

Baca juga : Bela Negara Dan CintaTanah Air (2)

Riwayat lainnya dari Muhammad bin Habib bin Kharrays Al-Asriy dari ayahnya, sesungguhnya ia telah mendengar Nabi bersabda: orang-orang Muslim bersaudara, tidak ada kemuliaan bagi seseorang atas yang lain kecuali dengan taqwa. (HR Tabrani, Al-Mu’jam Al-Kabir, Jilid 4, halaman 25).

Riwayat lain dari Annu’man bin Basyir, Nabi bersabda: perumpamaan orang-orang Mukmin dalam persahaba-tan, kasih sayang dan perhatiannya bagaikan satu jasad, jika salah satu terasa sakit, maka semua anggota tubuhnya terasa sakit dengan gelisah (tidak bisa tidur) dan demam. (HR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 2, halaman 238).

Baca juga : Bela Negara Dan Cinta Tanah Air (1)

Masih ada sujumlah hadis yang menyatakan pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan yang belum di cantumkan dalam artikel ini, tetapi ke seluruhannya senada dengan hadis-hadis di atas yang menyatakan pentingnya mempertahankan persatuan dan kesatuan. Baik sebagai sesama warga muslim, maupun sesama warga negara, bahkan sesungguhnya juga sesama penduduk dunia. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense