Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (27)

Bela Negara Dan CintaTanah Air (2)

Selasa, 3 November 2020 05:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Demikian pula Imam Fakhruddin Al-Razi ketika berbicara tentang cinta tanah air beliau berdalil den-gan beberapa ayat Al-Qur’an. Ketika menafsirkan firman allah dalam surah annisa ayat 66 yang berbunyi: “Dan Sesungguhnya kalau kami perintahkan kepada mereka: “Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu”, niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka”. (QS. An-Nisa/4: 66).

Baca juga : Bela Negara Dan Cinta Tanah Air (1)

Al-Razi menjelaskan ayat tersebut Allah menyamakan antara meninggalkan kampung halaman dengan membunuh diri sendiri. Seolah-olah Allah SWT ingin menegaskan bahwa seandainya Aku menentukan dua hal yang sangat sulit bagi manusia maka mereka pasti tidak akan melakukannya.

Baca juga : Amar Ma`ruf Nahi Munkar

Dua hal yang sangat sulit itu adalah bunuh diri dan meninggalkan kampung halaman.Sedihnya perasaan meninggalkan kam pung halaman sama persis dengan sakitnya bunuh diri.

Baca juga : Pemimpin Harus Punya Rasa Malu (2)

Oleh karenanya, cinta tanah air merupakan hal yang cukup dalam pengaruhnya terhadap diri setiap insan. adalah wajar dan sangat manusiawi jika seseorang mencintai tanah airnya dan wajar juga jika ada orang mati-matian mempertahankan kesela-matan negerinya. Sebab di negeri itulah mereka menjalankan kewajibannya sebagai hamba dan khalifah, sebagaimana diamanatkan kepada manusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.