BREAKING NEWS
 

Peristiwa Qurban:

Ismail atau Ishaq? (2)

Jumat, 23 Juli 2021 06:14 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sahabat yang me­nyatakan yang dis­embelih ialah Ishaq antara lain ‘Umar bin Khatthab, Jabir, al- ’Abbas, dan Ka’ab al- Akhbar. Sedangkan kalangan tabi’in yaitu: Qatadah, Masruq, ‘Ikrimah, ‘Atha’, Muqatil, az- Zuhri, as-Saddi, dan Malik bin Anas. (Wahbah az-Zuhaili, At-Tafsir al-Munir, Juz XXIII, halaman 126).

Baca juga : Ismail atau Ishaq? (1)

Dalam hal ini, sederet mufassir seperti Wahbah az-Zuhaili, ar-Razi, at-Thabrisi, Thabathabai, al-Qurthubi, Ibnu Katsir, Thabathabai, an-Nasafi, Sa’id Hawa’, Thahir ibnu ‘Asyur dan selainnya menguatkan pendapat per­tama bahwa Ismail yang disembelih.

Adsense

Baca juga : Hikmah Idul Qurban (2)

Argumentasi kelompok pertama ada­lah sebagai berikut: Pertama, yang dimaksud anak yang menggembirakan (al-mubassyar bih) dalam ayat tersebut ialah Ismail, karena dialah yang menjadi anak yang pertama menyita perhatian dan cinta Nabi Ibrahim. Adapun Ishaq lahir setelah Ismail. Dengan logika ini, maka dapat difahami bahwa Ismail adalah anak tertua dan yang disembelih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense