BREAKING NEWS
 

Sambut Hardiknas 2022, PINKAN Indonesia Gelar Final Lomba Kolintang Pelajar SD dan SMP

Reporter : DANU ARIFIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 13 Mei 2022 23:26 WIB
Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana saat memberi sambutan di acara Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP di auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta, Jumat (13/5). (Foto: Humas Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 serta mendukung kolintang goes to UNESCO, Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia mengadakan Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP.

Final lomba virtual kolintang tingkat usia SD dan SMP ini berlangsung di auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta, Jumat (13/5).

Baca juga : Maknai Hardiknas, Kaum Muda Antusias Dengan Merdeka Belajar

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana, Pembina Sanggar Limeka Mayjen TNI (Purn) Lodewyk Pusung, Dewan Pengawas RRI Edriman Butar- Butar dan Ketua Panitia Lomba Endang Indra dan Pengurus PINKAN Indonesia serta beberapa tokoh-tokoh pemerhati Kolintang.

Selain hadir secara tatap muka, final lomba juga disiarkan secara langsung melalui programa 4 RRI dan radio visual RRINet, Youtube RRINet official serta Youtube PINKAN Indonesia.

Baca juga : 3 Kickboxer Indonesia Bakal Tampil Di Final, Rossi: Pelatih Sudah Siapkan Strategi

Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Marsetio pada sambutannya mengatakan, Kolintang merupakan warisan budaya tak benda Indonesia asal Minahasa, oleh karena itu diadakan lomba ini untuk menumbuh kembangkan bakat serta minat anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional 2022.

Dia juga menjelaskan bahwa lomba ini digelar untuk mengetahui sampai dimana kolintang ini dikenal oleh anak-anak tingkat dasar. Selain itu, juga untuk menggaungkan kolintang agar dikenal seluruh rakyat Indonesia dan tersebar di nusantara dan mancanegara.

Baca juga : Srikandi Indonesia Gulung Jerman

“Insan pecinta kolintang berupaya untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui UNESCO. Kolintang adalah suatu alat pemersatu budaya dan ini akan kita perjuangkan, agar menjadi kebanggan bangsa Indonesia dan Sulawesi Utara,” tambah Ketua Umum PINKAN, Penny Marsetio.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense